ALIH KODE DAN CAMPUR KODE SEBAGAI UPAYA PEMERTAHANAN BAHASA JAWA DI SEKOLAH DASAR

Ulfatun Nafi'ah, Much Arsyad Fardani, Denni Agung Santoso

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk alih kode dan campur kode sebagai upaya pemertahanan bahasa Jawa yang dilakukan oleh SD Negeri Kropak 02. Metode naratif kualitatif menjadi metode yang digunakan dalam penelitian ini dimana penelitian ini berorientasi pada fenomena atau gejala yang bersifat alami. Jadi, dapat dikatakan bahwa penelitian kualitatif memiliki sifat mendasar, natural, dan alami. Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi merupakan teknik yang digunakan untuk menguji keabsahan data penelitian. Hasil penelitian yang didapatkan 12 percakapan yang terdiri dari 7 percakapan alih kode dan 5 percakapan campur kode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya pemertahanan bahasa Jawa oleh SD Negeri Kropak 02 dilakukan melalui alih kode dan campur kode.


References


Alimin, A. A., & Ramaniyar, E. (2020). Sosiolinguistik dalam Pengajaran Bahasa. PT. Putra Pabayo Rekasa. https://books.google.co.id/books?id=TbYmEAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false

Baiti, H. (2021). Pemertahanan Bahasa Jawa Krama di Desa Jagir Kecamatan Sine Kabupaten Ngawi dan Implikasinya dalam Dunia Pendidikan: Kajian Sosiolinguistik. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/60407/1/11160130000030_Hanum%20Ulfah%20Nur%20Baiti%20-%20HANUM%20ULFAH.pdf

Bhakti, W. P. (2020). Pergeseran Penggunaan Bahasa Jawa ke Bahasa Indonesia dalam Komunikasi Keluarga di Sleman. Jurnal Skripta, 6(2), 28–40. https://doi.org/10.31316/skripta.v6i2.811

Damayanti, V. (2023). Pemertahanan Bahasa Jawa di SMA Negeri 1 Pagerbarang. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Ensri Anjayani, Aisah, S., & Firdaus, M. Z. (2022). Alih Kode dan Campur Kode pada Interaksi Guru dengan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Karangan: Jurnal Bidang Kependidikan, Pembelajaran, dan Pengembangan, 4(1), 23–30. https://doi.org/10.55273/karangan.v4i1.123

Fardani, M. A., Rohmah, F., & Fajrie, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran POKJA (Poster Aksara Jawa) untuk Pengenalan Aksara Jawa pada Siswa Kelas IIV Sekolah Dasar. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 4, 423–432. https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i4.147

Fatmawati, E., Ismaya, E. A., & Setiawan, D. (2021). Pola Asuh Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Anak pada Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 104–110. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.871

Fitrawahyudi, Hasyim, M., Fadli, I., & Kuswarini, P. (2022). Vitalitas Bahasa Daerah Massenrempulu di Kabupaten Enrekang (M. Nasrudin (ed.)). PT Nasya Expanding Management.

Immanuel, A. S., Pesau, H. G., Wulanyani, N. M. S., Sulastri, A., & Van Luijtelaar, G. (2024). The Role of Spoken Language on Performance of Cognitive Tests: The Indonesian Experience. In Journal of Cognition and Culture (Vol. 24, Issues 3–4). https://doi.org/10.1163/15685373-12340187

Kamal, M. S., Fardani, M. A., & Bakhruddin, A. (2023). Sikap Unggah-Ungguh dan Santun sebagai Cerminan Penggunaan Bahasa Jawa. Didaktik, 9(4), 1019–1027. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1664

Kholidah, U. (2015). Pemertahanan Bahasa Jawa pada Interaksi Siswa dan Guru dalam Pembelajaran di MTs Al-Hikmah Pasir Demak. Ranah, Vol. 4(No. 2), 105–114. https://doi.org/10.26499/rnh.v4i2.27

Kironoratri, L. (2020). Buku Kumpulan Puisi Anak Berbasis Kearifan Lokal Daerah Sebagai Penunjang Pembelajaran Muatan Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. BAHTERASIA, 1(2), 55–60. https://doi.org/10.30596/jpbsi.v1i2.4865

Kushartanti, B., Van De Velde, H., & Everaert, M. (2015). Children’s use of Bahasa Indonesia in Jakarta Kindergartens. Wacana, Journal of the Humanities of Indonesia, 16(1), 167–188. https://doi.org/10.17510/wjhi.v16i1.371

Lestari, P., & Rosalina, S. (2022). Alih Kode dan Campur Kode dalam Interaksi Sosial antara Penjual dan Pembeli. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(1), 11. https://doi.org/10.29300/disastra.v4i1.4703

Mahesa, N. (2017). Alih Kode dan Campur Kode Pemakaian Bahasa Indonesia dalam Interaksi Pembelajaran di Kelas. BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16(1), 46–56. https://doi.org/10.21009/bahtera.161.04

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis (2nd ed.). Sage Publications.

Mustadi, A., Habibi, M., & Iskandar, P. (2021). Filosofi, Teori, dan Konsep Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Dasar. UNY Press.

Natanti, S. E., Pratiwi, I. A., & Fardani, M. A. (2023). Nilai Karakter Sopan Santun dalam Pembiasaan Berbahasa Jawa Anak Usia Sekolah Dasar di Lingkungan Keluarga. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 554–559. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4712

Nika, R., Masfuah, S., & Pratiwi, I. A. (2022). Interaksi Sosial Anak Usia 9 Tahun dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Desa Sugihan Rw01. Jurnal Prasasti Ilmu, 2(1), 60–65. https://doi.org/10.24176/jpi.v2i1.7404

Ningsih, S., Kurniati, E., & Widodo. (2020). Pemertahanan Bahasa Jawa Santri Pondok Pesantren Durrotu Ahlissunnah Waljamaah Banaran Gunungpati Semarang. Sutasoma : Jurnal Sastra Jawa, 7(2), 22–28. https://doi.org/10.15294/sutasoma.v7i2.27541

Nirwan, Wissang, I., Hakim, L., Pande, R., Winarna, Susanti, R., Bawamenewi, A., Suvina, Pelangi, I., Lemba, V., Arisanti, I., Sukarismanti, & Sakti, P. (2023). Bahasa dan Budaya (D. Lestari (ed.)). CV. Intelektual Manifes Media.

Pahleviannur, M. R., De Grave, A., Saputra, D. N., Mardianto, D., Hafrida, L., Bano, V. O., Susanto, E. E., Mahardhani, A. J., Alam, M. D. S., Lisya, M., & others. (2022). Metodologi penelitian kualitatif. Pradina Pustaka.

Prabowo, E., Fajrie, N., & Setiawan, D. (2021). Etika Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran Daring Melalui Aplikasi Whatsapp. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 429. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38191

Ramadhan, A. M., Kom, M. I., Dirgantari, A. S., Kom, M. I., Tumanung, M., Budiman, A., Sangkay, R., Rengganawati, H., Sos, S., Sumarni, T., & others. (2023). Etika dan Komunikasi Bisnis. Cendikia Mulia Mandiri.

Rifdah, R., Pratiwi, I. A., & Fardani, M. A. (2023). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Berbantu Media Audiovisual pada Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Siswa Kelas IV SDN Mayonglor 04 Jepara. Islamika, 5(2), 690–703. https://doi.org/10.36088/islamika.v5i2.3142

Rindiani, M., Missriani, & Effendi, D. (2022). Alih Kode dan Campur Kode dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Bindo Sastra, 6(2), 97–104. https://doi.org/10.32502/jbs.v6i2.4625

Risnawati, W. S., Purbasari, I., & Kironoratri, L. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Tiktok terhadap Perubahan Perilaku Sosial Siswa SD N 2 Temulus. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 3029–3036. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.792

Santoso, D. A., & Amaliyah, F. (2022). Keterampilan Proses Mahasiswa PGSD dalam Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Course Review Horay Secara Daring Subyek Pretest : Proses Tindakan : Pembelajaran kooperatif ( Course Review Horay ) Posttest : Jurnal Prosiding Seminar Nasional Dies Natatlis UMK, 204–209.

Vitasari, W., Hermandra, H., & Charlina, C. (2022). Pemertahanan Dialek Semarang di Perantauan Kajian Sosiolinguistik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 11393–11402. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4253

Waruwu, T. K. Y., Isninadia, D., Yulianti, H., & Lubis, F. (2023). Alih kode dan campur kode dalam konten podcast Cape Mikir With Jebung di Spotify: Kajian sosiolinguistik. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(2), 115–123. https://doi.org/10.37304/enggang.v3i2.9004

Wijayanto, W., Aisy, F. R., & Fitriyani, D. E. (2024). Planning and Implementation of Educational Institutions at PKBM Sejati Kudus. Al Hikmah: Journal of Education, 5(2), 243–256. https://dx.doi.org/10.54168/ahje.v5i2.326




DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v4i1.12132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View Stats on Jurnal Prasasti Ilmu

Flag Counter