PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI TARI KREASI DALAM PENDIDIKAN KARAKTER PERCAYA DIRI PADA SISWA KELAS TINGGI SDN 1 JEPANGPAKIS
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Achjar, Komang Ayu Henny, Rusliyadi, Muhamad, Zaenurrosyid, A., Rumata, Nini Apriani, Nirwana, Iin, Abadi, Ayuliamita, & others. (2023). Metode penelitian kualitatif: Panduan praktis untuk analisis data kualitatif dan studi kasus. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Adam Restu, & Abdul Syukur. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa MTs Ikhwanul Muslimin NW pada Materi Ekosistem. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i2.1605
Albab, Ahmad Ulil, Baihaqi, Darmawan, & Wijayanto, Wasis. (2024). Strategi Guru dalam Mengembangkan Pembelajaran SBDP pada Kreativitas Siswa Kelas Iv Sd 2 Mejobo Kudus. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 123–135.
Aryani, Menik, & Najwa, Lu’luin. (2022). Peran Pendidikan Kewirausahaan Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Business Management, 1(2). https://doi.org/10.58258/bisnis.v1i2.5417
Gusti, Utari Akhir. (2024). Mengintegrasikan Pendidikan Karakter Dalam Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Sekolah Dasar. JENTRE, 5(1), 77–83. https://doi.org/https://doi.org/10.38075/jen.v5i1.476
Khiyarusoleh, Ujang. (2019). Peran Orangtua dan Guru Pembimbing Khusus Kepada Anak Berkubutahan Khusus (Slow Learner) di SD Negeri 5 Arcawinangun. Jurnal Selaras : Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.33541/sel.v2i1.998
Kushartanti, Bernadette, Van De Velde, Hans, & Everaert, Martin. (2015). Children’s use of Bahasa Indonesia in Jakarta kindergartens. Wacana, Journal of the Humanities of Indonesia, 16(1), 167–188. https://doi.org/10.17510/wjhi.v16i1.371
Maisyarah, Ricka, & Prativi, Martina. (2023). Keharmonisan pada Gerak Tari Saman dalam Perspektif Estetika. Human Art’sthetic Journal, 1(1), 15–22. https://journal.uvers.ac.id/index.php/haj/article/view/107
Masriani, Masriani, & Mayar, Farida. (2021). Pengembangan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Metode Mind Mapping di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3513–3519. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1357
Mikaresti, Pamela, & Mansyur, Herlinda. (2022). Pewarisan Budaya Melalui Tari Kreasi Nusantara. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 11(1), 147. https://doi.org/10.24114/gr.v11i1.33333
Mila Zulfa, Maulida Noor, Setiawan, Deka, & Fardani, Much Arsyad. (2020). Analysis of Habit Patterns in Academic Behavior in Student Learning Discussions. International Journal of Elementary Education. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i3.28685
Nilamsari, Aprilia, Fardani, Much Arsyad, & Kironoratri, Lintang. (2023). Pendidikan Karakter Peduli Sosial Melalui Film Jembatan Pensil Karya Hasto Broto pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 490–498. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4695
Nuriawati, Risa, & Nalan, Arthur S. (2018). Kreativitas Gondo dalam tari jaipongan. Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan Tari Makalangan, 5(2), 27–39.
Oktasabella, Salma, Aini, Aida Nur, & Wijayanto, Wasis. (2024). Meningkatkan Kreativitas Seni Rupa Menggambar dan Mewarnai Menggunakan Bahan Alami Pada Murid Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 284–295.
Peby Andriani, Ryan, Much. Arsyad Fardani, & Diana Ermawati. (2023). Analisis Dampak Penggunaan Gadget pada Karakter Peduli Sosial Anak. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 862–873. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1649
Putri, Riyan Aryuning, Pratiwi, Ika Ari, & Kuryanto, M. Syafruddin. (2022). Problematika Guru dalam Program Pembiasaan Karakter Sopan Santun Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi, 9(1), 33–42. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/p2m.v9i1.3054
Sri Annisa, Indah, & Mailani, Elvi. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Tematik. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 6469–6477. Retrieved from https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1130
Wijayanto, Wasis, Aisy, Fadia Rohadatul, & Fitriyani, Dila Eka. (2024). Planning and Implementation of Educational Institutions at PKBM Sejati Kudus. Al Hikmah: Journal of Education, 5(2), 243–256. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.54168/ahje.v5i2.326
Wijayanto, Wasis, Fajrie, Nur, & Zahro, Nabila Fatimatuz. (2023). Melintasi Era Globalisasi: Eksplorasi Strategi Pelestarian Seni Kethoprak Wahyu Manggolo di Kabupaten Pati. GETER: Jurnal Seni Drama, Tari Dan Musik, 6(2), 71–79. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/geter.v6n2.p71-79
Yuwono, Imam, & Mirnawati, Mirnawati. (2021). Strategi Pembelajaran Kreatif dalam Pendidikan Inklusi di Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2015–2020. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1108
DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v4i2.12226
Refbacks
- There are currently no refbacks.