PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI TARI KREASI DALAM PENDIDIKAN KARAKTER PERCAYA DIRI PADA SISWA KELAS TINGGI SDN 1 JEPANGPAKIS

Nimas Arini, Nur Fajrie, Etik Dwi A

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran dan perkembangan Seni Tari Kreasi dengan pola-pola unsur seni tari dalam pendidikan karakter percaya diri pada siswa kelas V SD 1 Jepangpakis. Pembelajaran pada hakekatnya merupakan proses interaksi antara siswa dengan lingkungannya, sehingga terjadi perubahan perilaku kearah lebih baik.Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru seni tari dan siswa kelas tinggi di SDN 1 Jepangpakis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan telah diintegrasikan secara efektif dalam pembelajaran seni tari kreasi di sekolah tersebut. Guru seni tari menggunakan nilai-nilai karakter Percaya diri dalam setiap kegiatan pembelajaran. Selain itu, penelitian ini juga mengungkapkan bahwa siswa menunjukkan perubahan positif dalam pengembangan karakter mereka melalui pembelajaran seni tari. Mereka belajar untuk menunjukan perilaku atau tindakan seperti mampu menjadi diri sendiri dalam bertindak, tidak mudah putus asa dan optimis ketika  melakuan suatu tarian, tidak canggung dan cenderung lebih tenang dalam menampilkan tiap gerakan tari, berani menjadi diri sendiri ketika tampil, berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan ketika mengikuti kegiatan kesenian tari. Dalam kesimpulannya, pembelajaran seni tari kreasi di SDN 1 Jepangpakis berhasil mengimplementasikan pendidikan karakter percaya diri dengan baik. Guru seni tari berperan sebagai fasilitator yang efektif dalam mengintegrasikan nilai-nilai karakter percaya diri dalam pembelajaran, sementara siswa menunjukkan perkembangan positif dalam mengembangkan karakter percaya diri melalui praktik seni tari kreasi. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya pendidikan karakter percaya diri melalui seni tari di tingkat pendidikan dasar

References


Achjar, Komang Ayu Henny, Rusliyadi, Muhamad, Zaenurrosyid, A., Rumata, Nini Apriani, Nirwana, Iin, Abadi, Ayuliamita, & others. (2023). Metode penelitian kualitatif: Panduan praktis untuk analisis data kualitatif dan studi kasus. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Adam Restu, & Abdul Syukur. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa MTs Ikhwanul Muslimin NW pada Materi Ekosistem. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i2.1605

Albab, Ahmad Ulil, Baihaqi, Darmawan, & Wijayanto, Wasis. (2024). Strategi Guru dalam Mengembangkan Pembelajaran SBDP pada Kreativitas Siswa Kelas Iv Sd 2 Mejobo Kudus. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 123–135.

Aryani, Menik, & Najwa, Lu’luin. (2022). Peran Pendidikan Kewirausahaan Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Business Management, 1(2). https://doi.org/10.58258/bisnis.v1i2.5417

Gusti, Utari Akhir. (2024). Mengintegrasikan Pendidikan Karakter Dalam Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Sekolah Dasar. JENTRE, 5(1), 77–83. https://doi.org/https://doi.org/10.38075/jen.v5i1.476

Khiyarusoleh, Ujang. (2019). Peran Orangtua dan Guru Pembimbing Khusus Kepada Anak Berkubutahan Khusus (Slow Learner) di SD Negeri 5 Arcawinangun. Jurnal Selaras : Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.33541/sel.v2i1.998

Kushartanti, Bernadette, Van De Velde, Hans, & Everaert, Martin. (2015). Children’s use of Bahasa Indonesia in Jakarta kindergartens. Wacana, Journal of the Humanities of Indonesia, 16(1), 167–188. https://doi.org/10.17510/wjhi.v16i1.371

Maisyarah, Ricka, & Prativi, Martina. (2023). Keharmonisan pada Gerak Tari Saman dalam Perspektif Estetika. Human Art’sthetic Journal, 1(1), 15–22. https://journal.uvers.ac.id/index.php/haj/article/view/107

Masriani, Masriani, & Mayar, Farida. (2021). Pengembangan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Metode Mind Mapping di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3513–3519. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1357

Mikaresti, Pamela, & Mansyur, Herlinda. (2022). Pewarisan Budaya Melalui Tari Kreasi Nusantara. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 11(1), 147. https://doi.org/10.24114/gr.v11i1.33333

Mila Zulfa, Maulida Noor, Setiawan, Deka, & Fardani, Much Arsyad. (2020). Analysis of Habit Patterns in Academic Behavior in Student Learning Discussions. International Journal of Elementary Education. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i3.28685

Nilamsari, Aprilia, Fardani, Much Arsyad, & Kironoratri, Lintang. (2023). Pendidikan Karakter Peduli Sosial Melalui Film Jembatan Pensil Karya Hasto Broto pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 490–498. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4695

Nuriawati, Risa, & Nalan, Arthur S. (2018). Kreativitas Gondo dalam tari jaipongan. Jurnal Ilmiah Seni Pertunjukan Tari Makalangan, 5(2), 27–39.

Oktasabella, Salma, Aini, Aida Nur, & Wijayanto, Wasis. (2024). Meningkatkan Kreativitas Seni Rupa Menggambar dan Mewarnai Menggunakan Bahan Alami Pada Murid Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 284–295.

Peby Andriani, Ryan, Much. Arsyad Fardani, & Diana Ermawati. (2023). Analisis Dampak Penggunaan Gadget pada Karakter Peduli Sosial Anak. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 862–873. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1649

Putri, Riyan Aryuning, Pratiwi, Ika Ari, & Kuryanto, M. Syafruddin. (2022). Problematika Guru dalam Program Pembiasaan Karakter Sopan Santun Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi, 9(1), 33–42. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/p2m.v9i1.3054

Sri Annisa, Indah, & Mailani, Elvi. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Tematik. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 6469–6477. Retrieved from https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1130

Wijayanto, Wasis, Aisy, Fadia Rohadatul, & Fitriyani, Dila Eka. (2024). Planning and Implementation of Educational Institutions at PKBM Sejati Kudus. Al Hikmah: Journal of Education, 5(2), 243–256. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.54168/ahje.v5i2.326

Wijayanto, Wasis, Fajrie, Nur, & Zahro, Nabila Fatimatuz. (2023). Melintasi Era Globalisasi: Eksplorasi Strategi Pelestarian Seni Kethoprak Wahyu Manggolo di Kabupaten Pati. GETER: Jurnal Seni Drama, Tari Dan Musik, 6(2), 71–79. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/geter.v6n2.p71-79

Yuwono, Imam, & Mirnawati, Mirnawati. (2021). Strategi Pembelajaran Kreatif dalam Pendidikan Inklusi di Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2015–2020. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1108




DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v4i2.12226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View Stats on Jurnal Prasasti Ilmu

Flag Counter