POTRET KESULITAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afriani, E. D., Masfuah, S., & Roysa, M. (2021). Analisis Minat Baca Siswa Kelas V Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(3), 21-27. https://doi.org/10.24176/jpi.v1i3.6648
Ahmad, A. (2017). Penerapan Permainan Bahasa (Katarsis) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas IVA SD Negeri 01 Metro Pusat. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 75. https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7024
Aprilia, U.I., Fathurohman, I., & Purbasari, Imaniar. 2021. Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.37266
Aryani, V., Fajrie, N., & Kironoratri, L. (2023). Pengembangan Media E-Story Book Berbasis Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Dongeng Sastra Anak Kelas III Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1939-1954.
Badara, Aris, et all. 2020. Psychological Factors that Hinder Students' Reading Comprehension. Asian EFL Journal, 27(43). https://www.scopus.com/pages/publications/85096060728
Baroroh, U. N., Fardani, M. A., & Kironoratri, L. (2023). Fenomena Kesulitan Membaca pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar (Studi Kasus di SDN Pati Kidul 01). Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 1866-1873.
Clayto, F.J., et all. 2020. A Longitudinal Study of Early Reading Development: Letter-Sound Knowledge, Phoneme Awareness and RAN, but Not Letter-Sound Integration, Predict Variations in Reading Development. Scientific Studies of Reading, 24(2). https://doi.org/10.1080/10888438.2019.1622546
Darmadi, H. (2015). Tugas, peran, kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi, 13(2), 161–174.
De Vries, Kay. 2020. Case study methodology. Book Chapter: Critical Qualitative Health Research: Exploring Philosophies, Politics and Practices. https://doi.org/10.4324/9780429432774-2
Debataraja, Mularingan. 2023. Peningkatan Keterampilan Membaca Gagasan Paragraf melalui Pendekatan Keterampilan Proses dan Teknik Tugas Menyalin Pemaknaan Leksikal. Jurnal Pembahasa: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(3). https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.285
Dimyati dan Mudjiono. (2009).Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ferroni, Marina & Jaichenco, Virginia. 2022. Comprensión Oral y Escrita: Efectos de la Estructura Textual. Interdisciplinaria. https://doi.org/10.16888/INTERD.2022.39.3.8
Hamdar, E., & Et.al. (2020). Peningkatan Keterampilan Belajar Bahasa Indonesia tentang Membaca Nyaring dengan Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas III SD. Journal Huriah: Jurnal Evaluasi Dan Penelitian Pendidikan, 1(1), 28–37. https://doi.org/10.56806/jh.v1i1.5
Harjanty, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Membaca Nyaring (Penelitian Tindakan di Kelompok B RA Perwanida Praya, Lombok Tengah 2016). Paud Lectura, 3(2), 1–9. http://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/view/68
Hendri, H. (2019). Faktor Penyebab Kesulitan Membaca Peserta Didik di SDN-5 Panarung. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(2), 54–59. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i2.1040
Hidayah, N. A., Afifullah, M., & Sulistiono, M. (2021). Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Permulaan pada Siswa Kelas Bawah di MI Bahrul Ulum Sekapuk Ujungpangkah Gresik. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 112-119. https://jim.unisma.ac.id/index.php/JPMI/article/view/11588
Janawati, D. P. A., & Sulantara, I. M. E. (2020). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Kelas 1 Sekolah Dasar. 10(1), 43–49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v10vi1i.6
Jannah, M., Masfuah, S., & Fardani, M. A. (2022). Gerakan Literasi Sekolah Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Prasasti Ilmu, 2(3), 115-120. https://doi.org/10.24176/jpi.v2i3.8364
Kaminski, R.A., & Powell-Smith, K.A. 2017. Early Literacy Intervention for Preschoolers Who Need Tier 3 Support. Sage Journals Home, 36(4). https://doi.org/10.1177/0271121416642454
Kusmayanti, Siska. 2019. Membaca Permulaan dengan Metode Multisensori. Jurnal Pendidikan Uniga, 13(1). https://doi.org/10.52434/jp.v13i1.832
Leonardho, R., & Et.al. (2022). Analisis Faktor Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SDN Keroncong Mas Permai Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 229–235. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6569
Mardika, T. (2017). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Menulis dan Berhitung Siswa Kelas 1 SD. Dinamika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 28–33. https://doi.org/10.30595/dinamika.v10i1.4049
Masroah, E. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SDN Argopeni Tahun Ajaran 2019/2020. Kalam Cendekia : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(3). https://doi.org/10.20961/jkc.v8i3.43446
Nani, Anitra, R., Hendriana, Evinna Cinda. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran CIRC terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(2). https://doi.org/10.31571/bahasa.v11i2.4205
Nath, Pranjana Kalita. 2021. Metacognitive Awareness of Reading Strategies of Aspiring English Language Professionals in an ESL Context: Pedagogical Implications. IUP Journal of English Studies, 16(3). https://www.scopus.com/pages/publications/85119839970
Navida, I., Fakhriyah, F., & Kironoratri, L. (2021). Pola Asuh Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 14(1), 11-21. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v14i1.1366
Ni'amah, A. L. F., Masfuah, S., & Setiawan, D. (2023). Analisis Lingkungan Belajar Siswa Kelas 4 SD Gembong 02 Ditinjau Dari Teori Behavioristik. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 31-36. https://doi.org/10.24176/wasis.v4i1.9686
Nikmah, E. A., Utaminingsih, S., & Masfuah, S. (2021). Peningkatan Literasi Membaca melalui Model Problem Solving Berbantuan Magic Spin Board. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(2). https://doi.org/10.24176/jino.v4i2.5956
Nurani, R.Z., Nugraha, Fajar., & Mahendra, H.H. 2021. Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.907
Pratiwi, Cerianing Putri. 2020. Analisis Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. JPE: Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1). https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.558
Pratiwi, N. L. M. T. (2017). Pengembangan Buku Cerita Anak dengan Menginsersi Budaya Lokal dalam Tema Kegemaranku untuk Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3). https://doi.org/10.23887/jipp.v1i3.11984
Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas I Sdn Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650
Rizkiyah, P. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Kecakapan Literasi Digital Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 115-133. http://dx.doi.org/10.35473/ijec.v4i1
Rohandini, F., Utaminingsih, S., & Kironoratri, L. (2022). Analisis Strategi Guru dalam Menumbuhkan Kemampuan Literasi Siswa Kelas V di SDN Gajah 02. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 658-670. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.338
Setyastuti, C. S., Santoso, A. B., & Haryanti, U. (2022). Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SDN 1 Munggung, Karangdowo, Klaten, Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Mitra Swara Ganesha, 9(1), 32-42. https://ejournal.utp.ac.id/index.php/JMSG/article/view/1824
Sholeh, M., Murtono, M., & Masfuah, S. (2021). Efektivitas pembelajaran google classroom dalam meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 134-140. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.889
Vernet, Marie, et all. 2022. Predicting future poor readers from pre-reading visual skills: A longitudinal study. Applied Neuropsychology: Child, 11(3). https://doi.org/10.1080/21622965.2021.1895790
Yu, Yanling, et all. 2023. The relationship between metalinguistic awareness and reading fluency in elementary school children: The mediating role of character recognition and vocabulary knowledge. Acta Psychologica Sinica. 55(6). https://doi.org/10.3724/SP.J.1041.2023.00941
Zhou, Yitong, et all. 2023. The effects of phonological awareness and morphological awareness on reading comprehension in early elementary school children: The mediating role of reading fluency. Acta Psychologica Sinica, 55(6). https://doi.org/10.3724/SP.J.1041.2023.00930
DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v4i2.12231
Refbacks
- There are currently no refbacks.