POTRET KESULITAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1

Islamiyah Islamiyah, Siti Masfuah, Lintang Kironoratri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan potret kesulitan membaca permulaan dan upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN Undaan Kidul 3. Dalam membaca permulaan siswa kelas 1 pada awal masuk sekolah dasar terdapat siswa yang mengalami kesulitan membaca diantaranya siswa belum mengenal huruf abjad, belum bisa membedakan huruf  konsonan yang hampir sama, belum bisa merangkai suku kata dan belum lancar dalam membaca kata demi kata, tidak memahami kata yang dibacanya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 SDN Undaan Kidul 3 yang berjumlah 10 orang.  Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan ada tiga kategori utama kesulitan yang secara signifikan menghambat kemampuan membaca awal siswa, yaitu kesulitan pada pelafalan kata, ketidakjelasan bacaan, dan kesulitan membedakan beberapa jenis huruf, baik konsonan maupun vokal.. Sementara upaya yang telah dilakukan guru adalah dengan mengenalkan bentuk huruf vokal dan konsonan terlebih dahulu, serta memulai berlatih membaca dari kata yang paling sederhana sampai rumit. Selain itu, guru juga menggunakan alat bantu media berupa kartu huruf dan huruf warna warni untuk menarik minat belajar siswa.

References


Afriani, E. D., Masfuah, S., & Roysa, M. (2021). Analisis Minat Baca Siswa Kelas V Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(3), 21-27. https://doi.org/10.24176/jpi.v1i3.6648

Ahmad, A. (2017). Penerapan Permainan Bahasa (Katarsis) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas IVA SD Negeri 01 Metro Pusat. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(2), 75. https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7024

Aprilia, U.I., Fathurohman, I., & Purbasari, Imaniar. 2021. Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.37266

Aryani, V., Fajrie, N., & Kironoratri, L. (2023). Pengembangan Media E-Story Book Berbasis Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Dongeng Sastra Anak Kelas III Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1939-1954.

Badara, Aris, et all. 2020. Psychological Factors that Hinder Students' Reading Comprehension. Asian EFL Journal, 27(43). https://www.scopus.com/pages/publications/85096060728

Baroroh, U. N., Fardani, M. A., & Kironoratri, L. (2023). Fenomena Kesulitan Membaca pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar (Studi Kasus di SDN Pati Kidul 01). Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 1866-1873.

Clayto, F.J., et all. 2020. A Longitudinal Study of Early Reading Development: Letter-Sound Knowledge, Phoneme Awareness and RAN, but Not Letter-Sound Integration, Predict Variations in Reading Development. Scientific Studies of Reading, 24(2). https://doi.org/10.1080/10888438.2019.1622546

Darmadi, H. (2015). Tugas, peran, kompetensi, dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi, 13(2), 161–174.

De Vries, Kay. 2020. Case study methodology. Book Chapter: Critical Qualitative Health Research: Exploring Philosophies, Politics and Practices. https://doi.org/10.4324/9780429432774-2

Debataraja, Mularingan. 2023. Peningkatan Keterampilan Membaca Gagasan Paragraf melalui Pendekatan Keterampilan Proses dan Teknik Tugas Menyalin Pemaknaan Leksikal. Jurnal Pembahasa: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 2(3). https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i3.285

Dimyati dan Mudjiono. (2009).Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ferroni, Marina & Jaichenco, Virginia. 2022. Comprensión Oral y Escrita: Efectos de la Estructura Textual. Interdisciplinaria. https://doi.org/10.16888/INTERD.2022.39.3.8

Hamdar, E., & Et.al. (2020). Peningkatan Keterampilan Belajar Bahasa Indonesia tentang Membaca Nyaring dengan Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas III SD. Journal Huriah: Jurnal Evaluasi Dan Penelitian Pendidikan, 1(1), 28–37. https://doi.org/10.56806/jh.v1i1.5

Harjanty, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Membaca Nyaring (Penelitian Tindakan di Kelompok B RA Perwanida Praya, Lombok Tengah 2016). Paud Lectura, 3(2), 1–9. http://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/view/68

Hendri, H. (2019). Faktor Penyebab Kesulitan Membaca Peserta Didik di SDN-5 Panarung. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(2), 54–59. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i2.1040

Hidayah, N. A., Afifullah, M., & Sulistiono, M. (2021). Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Permulaan pada Siswa Kelas Bawah di MI Bahrul Ulum Sekapuk Ujungpangkah Gresik. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 112-119. https://jim.unisma.ac.id/index.php/JPMI/article/view/11588

Janawati, D. P. A., & Sulantara, I. M. E. (2020). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Kelas 1 Sekolah Dasar. 10(1), 43–49. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v10vi1i.6

Jannah, M., Masfuah, S., & Fardani, M. A. (2022). Gerakan Literasi Sekolah Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Prasasti Ilmu, 2(3), 115-120. https://doi.org/10.24176/jpi.v2i3.8364

Kaminski, R.A., & Powell-Smith, K.A. 2017. Early Literacy Intervention for Preschoolers Who Need Tier 3 Support. Sage Journals Home, 36(4). https://doi.org/10.1177/0271121416642454

Kusmayanti, Siska. 2019. Membaca Permulaan dengan Metode Multisensori. Jurnal Pendidikan Uniga, 13(1). https://doi.org/10.52434/jp.v13i1.832

Leonardho, R., & Et.al. (2022). Analisis Faktor Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SDN Keroncong Mas Permai Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 229–235. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6569

Mardika, T. (2017). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Menulis dan Berhitung Siswa Kelas 1 SD. Dinamika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 28–33. https://doi.org/10.30595/dinamika.v10i1.4049

Masroah, E. (2020). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SDN Argopeni Tahun Ajaran 2019/2020. Kalam Cendekia : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(3). https://doi.org/10.20961/jkc.v8i3.43446

Nani, Anitra, R., Hendriana, Evinna Cinda. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran CIRC terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(2). https://doi.org/10.31571/bahasa.v11i2.4205

Nath, Pranjana Kalita. 2021. Metacognitive Awareness of Reading Strategies of Aspiring English Language Professionals in an ESL Context: Pedagogical Implications. IUP Journal of English Studies, 16(3). https://www.scopus.com/pages/publications/85119839970

Navida, I., Fakhriyah, F., & Kironoratri, L. (2021). Pola Asuh Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 14(1), 11-21. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v14i1.1366

Ni'amah, A. L. F., Masfuah, S., & Setiawan, D. (2023). Analisis Lingkungan Belajar Siswa Kelas 4 SD Gembong 02 Ditinjau Dari Teori Behavioristik. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 31-36. https://doi.org/10.24176/wasis.v4i1.9686

Nikmah, E. A., Utaminingsih, S., & Masfuah, S. (2021). Peningkatan Literasi Membaca melalui Model Problem Solving Berbantuan Magic Spin Board. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(2). https://doi.org/10.24176/jino.v4i2.5956

Nurani, R.Z., Nugraha, Fajar., & Mahendra, H.H. 2021. Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.907

Pratiwi, Cerianing Putri. 2020. Analisis Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. JPE: Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1). https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.558

Pratiwi, N. L. M. T. (2017). Pengembangan Buku Cerita Anak dengan Menginsersi Budaya Lokal dalam Tema Kegemaranku untuk Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3). https://doi.org/10.23887/jipp.v1i3.11984

Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas I Sdn Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650

Rizkiyah, P. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Kecakapan Literasi Digital Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 115-133. http://dx.doi.org/10.35473/ijec.v4i1

Rohandini, F., Utaminingsih, S., & Kironoratri, L. (2022). Analisis Strategi Guru dalam Menumbuhkan Kemampuan Literasi Siswa Kelas V di SDN Gajah 02. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 658-670. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1.338

Setyastuti, C. S., Santoso, A. B., & Haryanti, U. (2022). Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I SDN 1 Munggung, Karangdowo, Klaten, Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Mitra Swara Ganesha, 9(1), 32-42. https://ejournal.utp.ac.id/index.php/JMSG/article/view/1824

Sholeh, M., Murtono, M., & Masfuah, S. (2021). Efektivitas pembelajaran google classroom dalam meningkatkan kemampuan literasi membaca siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 134-140. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.889

Vernet, Marie, et all. 2022. Predicting future poor readers from pre-reading visual skills: A longitudinal study. Applied Neuropsychology: Child, 11(3). https://doi.org/10.1080/21622965.2021.1895790

Yu, Yanling, et all. 2023. The relationship between metalinguistic awareness and reading fluency in elementary school children: The mediating role of character recognition and vocabulary knowledge. Acta Psychologica Sinica. 55(6). https://doi.org/10.3724/SP.J.1041.2023.00941

Zhou, Yitong, et all. 2023. The effects of phonological awareness and morphological awareness on reading comprehension in early elementary school children: The mediating role of reading fluency. Acta Psychologica Sinica, 55(6). https://doi.org/10.3724/SP.J.1041.2023.00930




DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v4i2.12231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View Stats on Jurnal Prasasti Ilmu

Flag Counter