ENKULTURASI NILAI BUDAYA ANYAMAN BAMBU BESEK UNTUK ANAK DI DESA JEPANG
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adiputra, K., Mudra, W., & Muliawati, N. P. (2018). Inovasi Dekorasi dan Fungsi Kerajinan Anyaman Besek di Desa Sidetapa Buleleng. Jurnal Seni Rupa dan Desain, 22(1), 38–43. Retrieved from https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/prabangkara/article/view/464
Agustini, A., Dahlan, D., & Hanum, I. S. (2022). Bandingan Nilai Budaya dalam Cerita Rakyat Lutung Kasarung dan Sundara Kanda. Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 6(2), 155–169. http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v6i1.5276
Alifa. (2015). Pendidikan Seni Rupa di Sekolah Dasar. Gramedia Blog.
Ananda, V., Pawito, & Hastjarjo, S. (2015). Komunikasi dan Pewarisan Budaya (Studi tentang Proses dan Peran Komunikasi dalam Pewarisan Budaya Masyarakat Adat Bonokeling Desa Pekuncen Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas). In Magister Ilmu Komunikasi Program PASCASARJANA UNS. Perpustakaan UNS.
Anisah A.S, & Honisa A. 2020. Enkulturasi Nilai Karakter Melalui Permainan Tradional pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. A Conceptual Overview. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 14: 318-327. https://doi.org/10.52434/jp.v14i2.1005
Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.
Desandra, Saryanto, & Supriadi, Didin. 2020. Enkulturasi: Pola Pewarisan Kesenian Tarawangsa di Desa Wisata Rancakalong. Jurnal Penelitian Musik, 1(1). https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pm/article/view/14548
Duff, Hamis, et all. 2022. Self-Construals and Environmental Values in 55 Cultures. Journal of Environmental Psychology, 79. https://doi.org/10.1016/j.jenvp.2021.101722
Fajrie, N. (2016). Pengenalan Kegiatan Seni Rupa untuk Anak Tunanetra dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Sensitivitas. Jurnal Imajinasi, 10 (2), hal. 153-158.
Hendriawan, Nandang & Astusi, Y.S. 2017. Proses Enkulturasi sebagai Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill Education) pada Masyarakat Kampung Naga Desa Neglasari Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v3i1.186
Hyun, C. C., Tukiran, M., Wijayanti, L. M., Asbari, M., PURWANTO, A., & Santoso, P. B. (2020). Piaget Versus Vygotsky: Implikasi Pendidikan Antara Persamaan dan Perbedaan. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(3), 286-293. https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i3.92
J.Moelong, Lexy. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Pt. Remaja Rosda Karya
Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajaran Pancasila. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. Universitas PGRI Palembang.
Latuheru, R.D. & Muskita, Marleen. 2020. Enkulturasi Budaya Pamana. Jurnal Badati Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UKIM, 2(1). https://doi.org/10.38012/jb.v2i1.411
Miles, Mathew B., dan A. Michael Huberman. 1994. An Expanded Sourcebook: Qualitative Data Analysis. London: Sage Publications.
Ningrum, W., Ismaya, .A., & Fajrie, N. 2020. Faktor-Faktor Pembentuk Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab dalam Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Prakarsa Paedogagia. 3 (1):105-117. https://doi.org/10.24176/jpp.v3i1.5105
Nisa, K., Fakhriyah, F. ., & Masfuah, S. (2021). Hubungan Pola Asuh dengan Kecerdasan Emosional Anak pada Usia 11-12 Tahun . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 55–63. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.833
Pan, Yue-Juan, et all. 2017. Intergenerational conflicts and transmission of values in raising 0–2-year-old chinese babies. Book Chapter: International Perspectives on Early Childhood Education and Development. https://doi.org/10.1007/978-981-10-3197-7_8
Preusche, Z.M & Gobel, Kestin. 2022. Does a Strong Bicultural Identity Matter for Emotional, Cognitive, and Behavioral Engagement?. Education Sciences, 12(5). https://doi.org/10.3390/educsci12010005
Purbasari, I., & Fajrie, N. 2020. Karakter Sosial dalam Pola Pendidikan Masyarakat Pengrajin Anyaman Bambu Desa Jepang Kudus. Prosiding Pendidikan Bela Negara Tahun 2020. 88-92.
Stawski, Filip. 2022. Enculturation in cognitive studies perspective. Argument: Biannual Philosophical Journal, 12(1). https://argument.uken.krakow.pl/article/view/9539
Vietze, Jana., Juang, Linda.P., & Schachner, Maja.K. 2019. Peer Cultural Socialisation: a Resource for Minority Students’ Cultural Identity, Life Satisfaction, and School Values. Intercultural Education, 30(5). https://doi.org/10.1080/14675986.2019.1586213
Wicaksono, D. A. (2017). Pengaruh Kedisiplinan Dalam Pendidikan Militer TNI AU Terhadap Tingkat Stress. Widya Warta: Jurnal Ilmiah Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, 41(02): 174-186. https://jurnal.ukwms.ac.id/index.php/warta/article/view/6252
DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v4i2.12268
Refbacks
- There are currently no refbacks.