ENKULTURASI NILAI BUDAYA ANYAMAN BAMBU BESEK UNTUK ANAK DI DESA JEPANG

Anggun Kharisma Sari, Nur Fajrie, Siti Masfuah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses enkulturasi nilai budaya anyaman bambu besek terhadap anak-anak di Desa Jepang. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pendekatan diskriptif kualitatif yang dilandasi teori Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai budaya yang terkandung dalam budaya besek masyarakat Desa Jepang meliputi, nilai peduli lingkungan, nilai disiplin, dan nilai tanggung jawab. Sementara proses enkulturasi melalui kegiatan interaksi, observasi, hingga imitasi. Proses enkulturasi yang terjadi dipengaruhi beberapa faktor. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses enkulturasi yang berlangsung sebagai nilai budaya pada masyarakat Desa Jepang adalah faktor internal, faktor ekternal, dan faktor permintaan pasar atas barang hasil produksi. Inovasi fungsi dilakukan dengan mengalihkan fungsi besek yang awalnya sebagai pembungkus nasi jadi tempat saouvenir dll yang sebelumnya dibuat dari plastik. Selain itu besek dengan dekorasi ini juga dimanfaatkan sebagai wadah cinderamata dalam pernikahan atau acara lainnya di Kudus.

References


Adiputra, K., Mudra, W., & Muliawati, N. P. (2018). Inovasi Dekorasi dan Fungsi Kerajinan Anyaman Besek di Desa Sidetapa Buleleng. Jurnal Seni Rupa dan Desain, 22(1), 38–43. Retrieved from https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/prabangkara/article/view/464

Agustini, A., Dahlan, D., & Hanum, I. S. (2022). Bandingan Nilai Budaya dalam Cerita Rakyat Lutung Kasarung dan Sundara Kanda. Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 6(2), 155–169. http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v6i1.5276

Alifa. (2015). Pendidikan Seni Rupa di Sekolah Dasar. Gramedia Blog.

Ananda, V., Pawito, & Hastjarjo, S. (2015). Komunikasi dan Pewarisan Budaya (Studi tentang Proses dan Peran Komunikasi dalam Pewarisan Budaya Masyarakat Adat Bonokeling Desa Pekuncen Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas). In Magister Ilmu Komunikasi Program PASCASARJANA UNS. Perpustakaan UNS.

Anisah A.S, & Honisa A. 2020. Enkulturasi Nilai Karakter Melalui Permainan Tradional pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. A Conceptual Overview. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 14: 318-327. https://doi.org/10.52434/jp.v14i2.1005

Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Desandra, Saryanto, & Supriadi, Didin. 2020. Enkulturasi: Pola Pewarisan Kesenian Tarawangsa di Desa Wisata Rancakalong. Jurnal Penelitian Musik, 1(1). https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pm/article/view/14548

Duff, Hamis, et all. 2022. Self-Construals and Environmental Values in 55 Cultures. Journal of Environmental Psychology, 79. https://doi.org/10.1016/j.jenvp.2021.101722

Fajrie, N. (2016). Pengenalan Kegiatan Seni Rupa untuk Anak Tunanetra dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Sensitivitas. Jurnal Imajinasi, 10 (2), hal. 153-158.

Hendriawan, Nandang & Astusi, Y.S. 2017. Proses Enkulturasi sebagai Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill Education) pada Masyarakat Kampung Naga Desa Neglasari Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Siliwangi Seri Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.37058/jspendidikan.v3i1.186

Hyun, C. C., Tukiran, M., Wijayanti, L. M., Asbari, M., PURWANTO, A., & Santoso, P. B. (2020). Piaget Versus Vygotsky: Implikasi Pendidikan Antara Persamaan dan Perbedaan. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1(3), 286-293. https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i3.92

J.Moelong, Lexy. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Pt. Remaja Rosda Karya

Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajaran Pancasila. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. Universitas PGRI Palembang.

Latuheru, R.D. & Muskita, Marleen. 2020. Enkulturasi Budaya Pamana. Jurnal Badati Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UKIM, 2(1). https://doi.org/10.38012/jb.v2i1.411

Miles, Mathew B., dan A. Michael Huberman. 1994. An Expanded Sourcebook: Qualitative Data Analysis. London: Sage Publications.

Ningrum, W., Ismaya, .A., & Fajrie, N. 2020. Faktor-Faktor Pembentuk Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab dalam Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Prakarsa Paedogagia. 3 (1):105-117. https://doi.org/10.24176/jpp.v3i1.5105

Nisa, K., Fakhriyah, F. ., & Masfuah, S. (2021). Hubungan Pola Asuh dengan Kecerdasan Emosional Anak pada Usia 11-12 Tahun . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 55–63. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.833

Pan, Yue-Juan, et all. 2017. Intergenerational conflicts and transmission of values in raising 0–2-year-old chinese babies. Book Chapter: International Perspectives on Early Childhood Education and Development. https://doi.org/10.1007/978-981-10-3197-7_8

Preusche, Z.M & Gobel, Kestin. 2022. Does a Strong Bicultural Identity Matter for Emotional, Cognitive, and Behavioral Engagement?. Education Sciences, 12(5). https://doi.org/10.3390/educsci12010005

Purbasari, I., & Fajrie, N. 2020. Karakter Sosial dalam Pola Pendidikan Masyarakat Pengrajin Anyaman Bambu Desa Jepang Kudus. Prosiding Pendidikan Bela Negara Tahun 2020. 88-92.

Stawski, Filip. 2022. Enculturation in cognitive studies perspective. Argument: Biannual Philosophical Journal, 12(1). https://argument.uken.krakow.pl/article/view/9539

Vietze, Jana., Juang, Linda.P., & Schachner, Maja.K. 2019. Peer Cultural Socialisation: a Resource for Minority Students’ Cultural Identity, Life Satisfaction, and School Values. Intercultural Education, 30(5). https://doi.org/10.1080/14675986.2019.1586213

Wicaksono, D. A. (2017). Pengaruh Kedisiplinan Dalam Pendidikan Militer TNI AU Terhadap Tingkat Stress. Widya Warta: Jurnal Ilmiah Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, 41(02): 174-186. https://jurnal.ukwms.ac.id/index.php/warta/article/view/6252




DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v4i2.12268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View Stats on Jurnal Prasasti Ilmu

Flag Counter