PENERAPAN MODEL TGT BERBANTU PANJADUT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

Devi Risma Widyastutik, Sekar Dwi Ardianti, Jayanti Putri Purwaningrum

Abstract


Aktivitas belajar siswa sangat berpengaruh pada kemampuan berfikir kritis siswa ketika di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas 3 SDN Sridadi, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang. Penerapan model Teams Game Tournament berbantuan media PANJADUT diharapkan menjadi solusi permasalahan yang terjadi pada siswa kelas 3 SD Sridadi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain Kemmis dan Taggart yang meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3 SD Sridadi, Kabupaten Rembang dengan jumlah siswa 24 terdiri dari 9 laki-laki dan 15 perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik obervasi, teknik tes, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas 3 SD Sridadi setelah penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media PANJADUT. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus 1 sebesar 71% dan siklus 2 sebesar 84%.

References


Alifia, N. N., & Saputro, D. R. S. 2019. Mathematical Critical Thinking Skills Profile of High School Students in Solving Linear Program Word Problems. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1211, No. 1, p. 012101). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1211/1/012101

Arifin, M. B. U. B., & Laili, D. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 4 pada Mata Pelajaran Matematika. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 1031-1042. https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.5877

Capinding, A. T. (2021). Effect of Teams-Games Tournament (TGT) STRATEGY on Mathematics Achievement and Class Motivation of Grade 8 Students. International Journal of Game-Based Learning (IJGBL), 11(3), 56-68. https://doi.org/10.4018/IJGBL.2021070104

Dewi, N. M., & Kristin, F. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Head Together Dan Team Games Tournament terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas 6 SD. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 6(2), 147-154. https://doi.org/10.26618/jrpd.v6i2.12704

Fardani, M. A. (2023). The Effectiveness of POKJA (Javanese Script Posters) to Introduce Java Script. Asian Journal of Applied Education (AJAE), 2(3), 529. https://doi.org/10.55927/ajae.v2i3.5229

Febyani, K. R., & Setiawan, Y. (2022). Meta-Analisis Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Teams Games Tournament (TGT) Ditinjau dari Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(19), 259-276. https://doi.org/10.5281/zenodo.7171730

Gaol, M. L., Prabawanto, S., & Usdiyana, D. (2019, February). Students’ mathematical critical thinking ability on cube and cuboid problems. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1157, No. 4, p. 042055). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042055

Hamdani, M., Prayitno, B. A., & Karyanto, P. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 16, No. 1, pp. 139-145). https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/38412

Hartono, H., & Badriyah, L. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament terhadap Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI. ISLAMIKA, 5(4), 1644-1657. https://doi.org/10.36088/islamika.v5i4.4008

Hidayah, Indriati Nurul & Sari, Siti Maulah. 2020. Application of Cooperative Learning Type Teams Games Tournament (TGT) to Increase the Student’s Activity. The 3rd International Conference ON Mathematics and Science Education (ICOMSE) 2019: Strengthening Mathematics and Science Education Research for the Challenge of Global Society. https://doi.org/10.1063/5.0000522

Juaini, M. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 2(1), 43–55. https://doi.org/10.29303/jm.v2i1.1893

Kemmis, S. dan R. Mc Taggart. (1988).The Action Researcher Planner. Victoria: Deakin University.

Komariyah, S., & Laili, A. F. N. (2018). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 4(2), 53-58. https://doi.org/10.37058/jp3m.v4i2.523

Lestari, N. I., Razak, A., Lufri, L., Zulyusri, Z., & Arsih, F. (2022). Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 8(1), 17-30. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v8i1.12917

Mulyana, A. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Teams Games Tournament (TGT) untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA pada sub Konsep Invertebrata. PEDAGOGI BIOLOGI, 1(01), 45–51. https://doi.org/10.31949/pb.v1i01.7618

Muttaqien, A. R., Suprijono, A., Purnomo, N. H., & AP, D. B. R. (2021). The Influence of Cooperative Learning Model Types of Teams Games Tournaments on Students' Critical Thinking Ability. International Journal for EDUCATIONAL AND Vocational studies, 3(6), 432-437. https://doi.org/10.29103/ijevs.v3i6.4620

Nisaak, L. A., Rondli, W. S., & Fardani, M. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Menggunakan Media Kartu Kuartet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PPKN Kelas V. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 1642-1650. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1486

Primitha, A. (2021). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Menggunakan Model Kooperatif Snowball Throwing dan Teams Games Tournament. Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 34-41. https://ejournal.yana.or.id/index.php/relevan/article/view/46

Putri, A. G., Hilyana, F. S., & Fardani, M. A. (2023). Penerapan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SD 1 Kandangmas. Jurnal Ilmiah Pedidikan Dasar, 8(1), 5273-5282.

Putri, D. A., Suwatno, S., & Sobandi, A. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Metode Pembelajaran Teams Games Tournaments dan Team Assisted Individualization. Jurnal Manajerial, 17(1), 1-16. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9739

Rahaju, R., Purwanto, P., Parta, I. N., & Rahardjo, S. (2020). How do Students’ Mathematical Epistemological Beliefs Affect Their Critical Thinking Tendencies. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(5), 84-89.

Rohimat, J. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Materi Statistika Siswa Kelas IV dengan Menggunakan Model Teams Games Tournament. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 3(4), 132-138. https://doi.org/10.22460/collase.v3i4.4295

Sari, N. M., Masfuah, S., & Ardianti, S. D. (2020). Model Teams Games Tournament Berbantuan Media Permainan Pletokan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 219-224. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.376

Sukma, Y., & Priatna, N. (2021). Pengaruh Self-Efficacy terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9(1), 75 - 88. https://doi.org/10.25139/smj.v9i1.3461

Susilawati, E., Agustinasari, A., Samsudin, A., & Siahaan, P. (2020). Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal pendidikan fisika dan teknologi, 6(1), 11-16. DOI: http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1453

Syafril, S., Aini, N. R., Pahrudin, A., & Yaumas, N. E. 2020. Spirit of Mathematics Critical Thinking Skills (CTS). In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1467, No. 1, p. 012069). IOP Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1467/1/012069

Tama, F.N.S., Maharani, Swasti, & Andayani, T.S. 2023. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas II SDN Kasreman 01 Geneng melalui Model Teams Games Tournament (TGT). EDUKASIA Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 2493-2500. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.617

Trimahesri, I., & Asri Hardini, A. T. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Model Realistic Mathematics. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(2), 111–120. https://doi.org/10.23887/tscj.v2i2.22272

Tusitadevi, R. S., & Astuti, S. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 1-15. https://doi.org/10.36456/inventa.5.1.a3528

Wibowo, D. C., Peri, M., Awang, I. S., Rayo, K. M., & Sintang, S. P. K. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Aquinas, 5(1), 152-161. https://doi.org/10.54367/aquinas.v5i1.1651




DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v4i2.12270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View Stats on Jurnal Prasasti Ilmu

Flag Counter