ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA KELUARGA BROKEN HOME DI SD IT AL-KHAIR TAHUN AJARAN 2023/2024
Abstract
Penelitian ini bertujuan sebagai berikut: (1) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada keluarga broken home di SD IT Al-Khair, (2) Untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa akibat keluarga broken home di SD IT Al-Khair. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif (qualitative research). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa SD IT Al-Khair yang mengalami kasus broken home yang berjumlah 21 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Untuk menjawab rumusah masalah, peneliti menggunakan jenis pendekatan deskriptif-kualitatif dengan unit penelitiannya yaitu, guru dan siswa yang mengalami kasus keluarga broken home. Metode pengumpul data yang digunakan yaitu: angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data motivasi siswa diperoleh menggunakan lembar angket, sedangkan untuk mendukung data penelitian dilakukan dengan wawancara guru dan observasi keadaan siswa di kelas. Hasil penelitian yang diperoleh oleh peneliti mendapatkan (1) Motivasi belajar siswa diperoleh rata-rata yaitu 69% yang tergolong kedalam kriteria sedang. Hal ini juga terlihat dari temuan penelitian bahwa dalam proses pembelajaran masih ada siswa yang tidak mengumpulkan tugas, siswa tidak serius dalam belajar, siswa tidak mendengarkan guru saat menjelaskan pelajaran, siswa tidak menyelesaikan tugas di kelas sampai selasai, bahkan masih ada yang mencontek saat diberi tugas. (2) Adapun upaya guru untuk meningkatkan motivasi siswa yaitu dengan pendekatan personal, memberikan cerita-cerita inspiratif, memberikan hadiah, dan memotivasi siswa dengan pujian.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v4i3.13377
Refbacks
- There are currently no refbacks.