ANALISIS BIMBINGAN KEMANDIRIAN MELALUI PROGRAM KHUSUS BINA DIRI BAGI SISWA TUNAGRAHITA DI SLB SWASTA SYAFIQ DELI SERDANG

Lailatul Husna

Abstract


Penelitian ini bertujuan ssebagai berikut untuk mengetahui tingkat Bimbingan Kemandirian Melalui Program Khusus Bina Diri Bagi Siswa Tunagrahita di SLB Swasta Syafiq Deli Serdang. Untuk menjawab rumusan masalah peneliti pendekatan deskriptif kualitatif, dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (fieled research) adalah peneliti datang langsung kelapangan untuk mengadakan pengamatan langsung ke tempat penelitian.  Subjek penelitian ini adalah  siswa SD tunagrahita SLB Swasta Syafiq yang berjumlah 3 siswa, terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 1 siswi perempuan. Penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahsan maka hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampun tingkat program khusus bina diri menggososk gigi anak tunagrahita di SLB Swasta Syafiq dalam melakukan program khusus bina diri menggososk gigi dengan kriteria subjek Sugi cukup, subjek Al cukup dan subjek Tamara cukup

References


Anggraini, I., & Marlina. 2018. Peningkatkan Keterampilan Bina Diri Melalui Teknik Shaping pada Siswa Tunagrahita Ringan. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 6, 186–191.

Boukorou, A. 2023. A Case Study in a Student with Mental Retardation: Findings and Proposed Intervention. Frontiers of Contemporary Education, 4(1), p11. https://doi.org/10.22158/fce.v4n1p11.

Eltantawy, M. M. (2023). The Effectiveness of a Training Program Based on Self-Management Skills in Developing Independent Behavior and Safety and Security Skills of Children with Intellectual Disability. Journal of Intellectual Disability-Diagnosis and Treatment, 11(2), 97-108. https://orcid.org/0000-0002-5886-7200

Indah FZ. 2018. Pengaruh Bina Diri untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Tunagrahita SDLBN Sumbang III Bojonegoro. Jurnal Kajian Keislaman dan Pendidikan, 9(2). http://e-jurnal.staiattanwir.ac.id/index.php/attanwir/index

Ira Restu Kurnia, Alvina Damayanti, Dinda Putri Sekarwangi, V. K. (2024). Peran Guru Dalam Mendukung Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus di Kelas: Sebuah Tinjauan Literatur. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 2(4). https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i04.5135

Kasiyati, K., Efendi, J., & Kusumastuti, G. 2020. Education Support for Independence of Students with Special Needs. Universal Journal of Educational Research, 8(12B), 8467–8470. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.082655.

Margono, S. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Meyer, K., Sears, S., Putnam, R., Phelan, C., Burnett, A., Warden, S., & Simonsen, B. 2021. Supporting Students with Disabilities with Positive Behavioral Interventions and Supports in the Classroom: Lessons Learned From Research and Practice. Beyond Behavior, 30(3), 169–178. https://doi.org/10.1177/10742956211021801.

Putra, R. Y. P., & Suyatno, S. 2021. Independent Character Building of Special Needs Children in Special Elementary School. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(4), 896. https://doi.org/10.33394/jk.v7i4.4064.

Putri, NL. 2014. Model Pembelajaran Keterampilan Bina Diri Bagi Anak Usia Dini Tunagrahita (Research and Development at Exceptional Schools of North Sulawesi). Jurnal Parameter, 25(2). https://doi.org/10.21009/parameter.252.03

Sandjojo, J., Zedlitz, A. M., Gebhardt, W. A., Hoekman, J., den Haan, J. A., & Evers, A. W. (2019). Effects of a Self‐Management Training for People with Intellectual Disabilities. Journal of Applied Research in Intellectual Disabilities, 32(2), 390-400. https://doi.org/10.1111/jar.12536

Sari, D. R., & Rasyidah, A. Z. 2020. Peran Orang Tua Pada Kemandirian Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 3(1), 45–57. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i1.441.

Sugianto, I., Savitri S.L.D.A. 2020. Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Kemandirian Belajar Siswa di Rumah. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 159–170. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/63/56.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sunan, M. I. N., Nugroho, A. S., Kadafi, N. A., & Zuhudia, Z. 2023. Peningkatan Kemandirian Anak Penyandang Disabilitas dalam Mencapai Kesejahteraan di Unit Pelayanan Disabilitas Yayasan Sayap Ibu Banten. Jurnal Hawa : Studi Pengarus Utamaan Gender Dan Anak, 5(2), 236. https://doi.org/10.29300/hawapsga.v5i2.2579.

Undang- Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wulandari, L. M., Susilawati, S. Y., & Kustiawan, U. 2019. Pelaksanaan Program Bina Diri bagi Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Jurnal Ortopedagogia, 5(1), 44–49. https://doi.org/10.17977/um031v4i12018p044




DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v4i3.13725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View Stats on Jurnal Prasasti Ilmu

Flag Counter