PENGARUH MINAT BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD SWASTA BUNDA NELLY T.A 2023/2024
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh minat belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini dilakukan di SD Swasta Bunda Nelly. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner dan tes. Hasil analis data menunjukkan bahwa, minat belajar (X), berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika (Y) yang ditunjukkan dengn nilai koefisien korelasii korelasi sebesar 0,5478. Sedangkan untuk uji signifikasi korelasi diperoleh bahwa πhitung yang diperoleh adalah lebih besar dari ππ‘ππππ (3,588 > 0,05) pada taraf signifikasi 5 %. Hasil analisis determinasi menunjukkan bahwa variabel minat belajar siswa (X) berpengaruh sebesar 30,01% terhadap variabel prestasi belajar siswa (Y), sedangkan selebihnya yaitu 69,99% adalah dipengaruhi oleh faktor internal atau faktor eksternal yang tidak diteliti pada penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diatas, dapat disimpulkan bahwa pengaruh minat belajar matematika siswa kelas V SD Swasta Bunda Nelly mempengaruhi prestasi belajar matematika.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Djaali. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.
Edison. (2017). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 1(2), 59β65.
Emzir, Metodologi Penelitian Pendidikan (kuantitatif dan kualitatif), (Cet.10; Depok; Rajagrafindo persada, 2017), h. 119.
Fatimah. 2011. Faktor Penentu Obyektivitas dan Kreativitas. Majalah Ilmiah
Latifah, E. (2010). Strategi Self Regulated Learning danPrestasi Belajar. Jurnal Psikologi. Vol : 37, No :01 (Juni) : 110-129.Reiza.
MeΕe, E., & Sevilen, Γ. (2021). Factors influencing EFL studentsβ motivation in online learning: A qualitative case study. Journal of Educational Technology and Online Learning, 4(1), 11-22.
Moh. Roqib, Ilmu Pendidikan Islam (Yogyakarta: LkiS, 2019), 5.
Muhtarom, isu-isu kontemporer (Kudus, Maktabah, 2018), 6.
Riduwan & Sunarto. 2015. Pengantar Statistika: Bandung: Alfabeta.
Sabri, M. Alisuf. 2010. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.
Sukada dkk. (2013). Kontribusi Minat Belajar, Motivasi Berprestasi dan Kecerdasan Logis Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Kintamani. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol 4, Tahun 2013.
Syah, M. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta : Logos Wacana Ilmu.
Taufina, T., Chandra, C., Fauzan, A., & Ilham Syarif, M. (2019). Development of Statistics in Elementary School Based RME Approach with Problem Solving for Revolution Industry 4.0. 382(Icet), 716β721.
Vu, T., Magis-Weinberg, L., Jansen, B. R., van Atteveldt, N., Janssen, T. W., Lee, N. C., ... & Meeter, M. (2022). Motivation-Achievement cycles in Learning: A Literature Review and Research agenda. Educational Psychology Review, 34(1), 39-71.
Wei, L. (2023). Artificial Intelligence in Language Instruction: Impact on English Learning Achievement, L2 Motivation, and self-Regulated Learning. Frontiers in Psychology, 14, 1261955.
Zaini, A., & Marsigit, M. (2014). Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Matematika Realistik dan Konvensional Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematik Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 152. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.267
DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v5i1.13754
Refbacks
- There are currently no refbacks.