PENINGKATAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA

Dwi Ratna Khoirun Naza
Nur Fajrie
Sri Utaminingsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan model Think Pair Share (TPS) berbantuan media ular tangga dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa pada pembelajaran tema daerah tempat tinggalku pada anak kelas IV SD di desa Sinanggul RT 14 RW 03 Mlonggo Jepara.

Penelitian tindakan partisipatif ini akan dilaksanakan di rumah anak kelas IV SD di desa Sinanggul dengan subjek penelitian 4 anak, penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pelaksanaan, dan pengamatan serta refleksi. Variable bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media ular tangga, Sedangkan variable terikat adalah keterampilan berkomunikasi anak kelas IV SD di desa Sinanggul RT 14 RW 03 Mlonggo Jepara. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi. Data yang telah diperoleh dari tindakan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat peningkatan keterampilan guru dalam penerapan model Think Pair Share berbantuan media ular tangga. Angka keterampilan guru yang sebelumnya 62% menjadi 82%, (2) terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa dari 0% menjadi 50% pada siklus 1 dan 2, (3) keterampilan berkomunikasi yang dimiliki siswa meningkat setelah diberikan tindakan, hal ini dibuktikann dengan siswa yang berani mengutarakan pendapatnya di depan umum.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v1i3.6598

Article Metrics

Abstract views : 236| PDF views : 716

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Terindeks

1. Google Scholar

2. DRJI

View Stats on Jurnal Prasasti Ilmu

Flag Counter