KOLABORASI GURU DAN ORANG TUA DALAM PROSES PEMBELAJARAN SELAMA PANDEMI COVID DI SEKOLAH DASAR

Mohamad Roykhan
Sucipto Sucipto
Sekar Dwi Ardianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang hasil pendidikan kolaborasi guru dan orang tua dalam proses pembelajaran siswa kelas 3 selama pandemic covid 19 di SDN 01 Ngening, dengan rumusan masalah bentuk proses pembelajaran selama pandemi covid 19 di SDN 01 Ngening, bentuk kolaborasi guru dan orang tua pada proses pembelajaran selama pandemi covid di SDN 01 Ngening dan dampak adanya kolaborasi guru dan orang tua kepada siswa pada proses pembelajaran selama pandemi covid 19 di SDN 01 Ngening, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati.Mengunakan metode kualitatif deskriptif sebagai tahapan dalam melaksanakan penelitian. Teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara, dokumentasi dan pencatatan. Analisis data yang digunakan data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran yang dilakukan di SDN 01 Ngening pada  kelas 3 menunjukan  bahwa pembelajaran selama pandemi covid 19 menggunakan pembelajaran daring melalui media sosial Whastsaap,Youtube sebagai sarana video pembejaran. Bentuk kolaborasi yang dijalin guru dan orang tua siswa kelas 3 yaitu komunikasi melalui grup Whatsaap dan bentuk kerjasamanya ditekankan pada proses pembelajaran, guru yang bekerjasama dengan orang tua untuk mengarahkan anaknya supaya memperhatikan apa yang disampaikan guru, melalui pembelajaran daring mulai dari video pembelajaran dan media pembelajaran online lainya. Guru memberikan materi pada anak yang diterima oleh orang tua bersama anak, selanjutnya orang tua mengiplementasikan dengan pelaksanaan pembelajaran kepada anak yang dibimbing langsung oleh orang tua. Dalam kolaborasi ini membuahkan sebuah dampak bagi siswa, guru dan orang tua. Siswa lebih memahami materi serta guru terbantu akan adanya keloborasi ini.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afdal & Yustika. 2021. “Sosialisasi Pembelajaran Kolaborasi Orang Tua Siswa Dengan Guru Di Masa Pandemi Covid-19 Di SDN 004 Samarinda Utara Tahun 2021”. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 01 (01)

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, Shintia Puspita Dewi., Sekar Dwi Ardianti, & Muhammad Noor Ahsin. 2021. “Dampak Pembelajaran Online Bagi Siswa Sekolah Dasar”. Jurnal Ilmiah Pendidikan. 2(2)

Irwanto, Moch Surya Hakim. 2020. ”Implementasi Kolaborasi Orang Tua Dan Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring”. Journal of Islamic Education at Elemtary School. Vol. 1, No. 1

Khoeroh, Mutingatul. 2019. Sejarah dan Makna Tradisi Rebo Wekasan di Desa Banjarsari, Kecamatan Nusawungu, Cilacap. Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Purwokerto. Hal. 1-76.

Miles, Mathew B., dan A. Michael Huberman. 1994. An Expanded Sourcebook: Qualitative Data Analysis. London: Sage Publications.

Nurozi, Ahmad. 2016. Rebo Wekasan dalam ranah sosial keagamaan di Kabupaten Tegal Jawa Tengah (Analisis Terhadap Ritual Rebo Wekasan di Desa Sitanjung Lebaksiu). An-Nuha, Vol. 3 No. 1. Hal. 125-136.

Qadafi, M. (2019). Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Dalam Mengembangkan Aspek Moral Agama Anak Usia Dini (Studi Di Ra Tiara Chandra Yogyakarta). Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 1-19.

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 7(2).

Rohmah, Umi Nuriyatur. 2018. Penggunaan Ayat-Ayat Al-Qur’an Dalam Ritual Rebo Wekasan Studi Living Qur’an di Desa Sukoreno Kec. Kalisat Kab. Jember. Jurnal Ilmu al-Qur’an dan Hadist, Vol. 1 No. 1. Hal. 67-91.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikanto. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutrisno, Sulastin. 2018. Bahasa-Sastra-Budaya. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Zakariyah, Anik. 2020. “Kolaborasi Peran Orang Tua dan Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Online di Rumah”. Jurnal ranfatah. Vol. 26, No. 1




DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v2i1.7202

Article Metrics

Abstract views : 490| PDF views : 1491

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Terindeks

1. Google Scholar

2. DRJI

View Stats on Jurnal Prasasti Ilmu

Flag Counter