POLA KECERDASAN EMOSIONAL ANAK PASCA PEMBELAJARAN DARING
Abstract
Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui pola kecerdasan emosional pada anak pasca pembelajaran daring. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif naratif dengan pendekatan studi kasus yang dilaksanakan di Desa Sambung Kecamatan Gajah Kabupaten Demak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan pencatatan. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat lima pola kecerdasan emosional siswa yakni, kemampuan mengenali emosi diri, kemampuan mengelola emosi diri, kemampuan memotivasi diri, kemampuan mengenali emosi orang lain, dan kemampuan membina hubungan.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Awang, I. S, Metah M, & Yohanes B. M. (2019). Kecerdasan Emosional Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. 6(1). https://doi.org./10.23917/ppd.v1i1.7946
Boburka, R. R. (2020). Emotional Intelligence, Assessment of ility Versus Trait Measures. II(2000), 513–517. https://doi.org/10.1002/9781119547167.ch156
Damayanti, Eka., dkk (2020). Dampak Negatif Penggunaan Gadget Berdasarkan Aspek Perkembangan Anak. Jurnal Perempuan dan Anak. 4(1). https://dx.doi.org/1021274/martabat.2020.4.1.1-22
Faidy, Ahmad Bahril & Asrana, I Made (2014). Hubungan Pemberian Reward dan Punishment dengan Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Ambunten Kabupaten Sumenep. Kajian Moral dan Kewarganegaraan. 2(2). 454-468. https://doi.org/10.26740/kmkn.v2n2.p454-468
Fardani, M.A, Wiranti, Dwiana Asih, Ismaya, E.A, & Kumala, Devi. (2023). Pengembangan Media Raja Caraka untuk Pembelajaran Membaca Aksara Jawa Permulaan. Afeksi, 4 (5), 533-542. https://doi.org/10.35672/afeksi.v4i5.159
(Goldstein et al., 2015)Goldstein, S., Princiotta, D., & Naglieri, J. A. (2015). Handbook of intelligence: Evolutionary theory, historical perspective, and current concepts. Handbook of Intelligence: Evolutionary Theory, Historical Perspective, and Current Concepts, 1–498. https://doi.org/10.1007/978-1-4939-1562-0
Goleman, D. (2015). Emotional Intelegence. Gramedia Pustaka.
Gusty, Sri, dkk. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis. 159.
Handayani, Silviana Widuri, Masfuah, Siti, & Fardani, M.A. (2021). Kecerdasan Emosional Anak Sekolah Dasar saat Pembelajaran Daring. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 446-456. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.32250
Hardiansyah, Muhammad Agus., dkk. (2021). Analisis Perubahan Sistem Pelaksanaan Pembelajaran Daring ke Luring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu. 5(6). 5845-5847. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1784
Herzamzam, Dyah Anungrat. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh menggunakan Aplikasi Zoom pada Matakuliah Pendidikan Matematika SD 1. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5). 2664-2675. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/891/pdf
Ingtyas, Fatma Tresno, dkk. (2020). Model Micro-Teaching Berorientasi Kecerdasan Emosional. CV. Sarmu Untung: Grobogan. 11.
Ismail, Taufiq. (2019). Pentingnya Peran Guru Kelas dalam Mengatasi Perilaku Bullying Siswa di Sekolah. Presiding. 288
Kironoratri, Lintang, Bakhruddin, Ahmad, Fardani, M.A, & Ardianti, Sekar Dwi. (2023). “EMOPUAN” Berbasis Keunggulan Lokal Pati untuk Menanamkan Pendidikan Karakter Sosial Anak Sekolah Dasar. Edusaintek, 10 (3), 788-803. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i3.849
Kurniawati, Dian. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Prestasi Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 2(1). 79-84. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/78/pdf
Nurdiansyah, E. (2016). Pengaruh Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Emosional, Dampak Negatif Jejaring Sosial dan Kemampuan Berpikir Divergen Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Journal of EST, 2(3), 171-184. https://doi.org/10.26858/est.v2i3.3216
Rumbewas, Selfia S., dkk. (2018). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SD Negeri Saribi. Jurnal Edumatsains. 2(2). 207-209. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v2i2.607
Sairo, A. I., Meta, M., & Berkhmas., M. Y. (2019). Kecerdasan Emosional Peserta Didik Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 6(1), 41–50. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.7946
Setiadi, S., Zulharby, P., Fahmi, A. K., & Pratama, A. (2023). E-Character Education among Online Learning: Focusing on Performance, Collaborative, and Spiritual Character. International Journal of Membrane Science and Technology, 10(3), 284–297. https://doi.org/10.15379/ijmst.v10i3.1529
Suroyyah, Naila., Hermanto. (2022). Strategi Penanaman Sikap Toleransi di Sekolah Inklusi SMPN 3 Krian Sebagai Perwujudan Educational For All. Kajian Moral dan Kewarganegaraan. 10(2). 367-381. https://doi.org/10.26740/kmkn.v10n2.p367-381
Prafitriani, S., Umanailo, M. C. B., Indrayani, N., Lisaholit, S., & Chamidah, D. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Buru. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 6(2). https://doi.org/10.36709/jppm.v6i2.9121
Satriyono, G., & Vitasmoro, Pa. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Guru Di SMP Negeri 4 Kediri. Jurnal Ekonomi Universitas Kediri, 3(1), 31–45. https://doi.org/10.30737/ekonika.v3i1.104
Ramadhani, Ika Rizki, Fathurohman, Irfai, & Fardani, M.A. (2020). "Efek Penggunaan Smartphone Berkelanjutan pada Masa Pandemi Covid-19 terhadap Perilaku Anak." Jurnal Amal Pendidikan 1(2) 96-105. https://ojs.uho.ac.id/index.php/japend/article/view/13293/pdf
DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v3i1.7512
Refbacks
- There are currently no refbacks.