INTENSITAS KOMUNIKASI ORANGTUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR DI DESA UNDAAN TENGAH

hesti rizki meileni
Nur Fajrie
Deka Setiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intensitas komunikasi orang tua dalam memotivasi belajar anak sekolah dasar di Desa Undaan Tengah.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di Desa Undaan tengah Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Subyek penelitian yaitu siswa kelas V SD. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dokumentasi dan pencatatan. Pengecekan keabsahan data menggunakan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmasibilitas. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi data.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Intensitas komunikasi orang tua dalam memotivasi belajar berdasarkan tingkat pendidikan, pekerjaan hasilnya dua narasumber memiliki intensitas komunikasi yang tidak baik dan motivasi belajar yang rendah mereka adalah keluarga Ibu SN dan KI. Dua narasumber memiliki intensitas komunikasi yang baik dan motivasi belajar yang tinggi adalah keluarga Ibu SA dan MA. Faktor yang mempengaruhi intensitas komunikasi  berdasarkan tingkat pendidikan dan pekerjaan yang berbeda yaitu keluarga ibu SN factor pekerjaan dan sikap pendiam anak, sementara keluarga ibu KI factor pekerjaan dan anak yang suka bermain game online. Untuk ibu SA dan ibu MA sama-sama dipengaruhi oleh pekerjaan akan tetapi walau mereka sibu tetap menyisihkan waktu untuk berkomunikasi dengan anaknya.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v2i2.8365

Article Metrics

Abstract views : 59| PDF views : 2

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Terindeks

1. Google Scholar

2. DRJI

View Stats on Jurnal Prasasti Ilmu

Flag Counter