PERAN GURU DALAM MENANAMKAN SIKAP SOPAN SANTUN SISWA DALAM BERINTERAKSI SOSIAL DI SDN 2 MAYONGLOR

Agung Arya Perdana - [ https://orcid.org/0000-0003-3870-4540 ]
Ika Ari Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk sikap sopan santun siswa dalam berinteraksi sosial dan mendeskripsikan peran guru dalam menanamkan sikap sopan santun siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Mayonglor Jepara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data naratif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian peran guru dalam menanamkan sikap sopan santun siswa di SDN 2 Mayonglor dapat disimpulkan bahwa siswa yang diteliti sudah memiliki sikap sopan dalam berperilaku dengan tersenyum saat bertemu dengan guru dan menyapa guru seta sudah bisa berbicara dengan bahasa yang lebih sopan dengan bahasa Indonesia atau bahasa Jawa krama sedikit-sedikit setelah selalu diberikan pendidikan dan arahan tentang sikap sopan santun dalam berperilaku dan berbicara dari guru.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Jurnal: Agung Rimba, K. 2019. Analisis Degradasi Moral Sopan Santun Siswa di Sekolah Dasar. Pendidikan IPS, 19 (2), 104-112. Azka, Salmaa. 2021. Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Pendidikan Tambusai. 19 (3), 7164-7169. Dahraini, Hannum. 2021. Hubungan Religiusitas dan Dukungan Sosial dengan Perilaku Sopan Santun Siswa di MAN Asahan. Pendidikan dan Konseling, 20 (2), 256-265. Muhammad, Rijal. 2021. Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika. 21 (1), 33-53. Ananda, L. R., & Kristiana, I. F. (2017). Studi Kasus: Kematangan Sosial Pada Siswa Homeschooling. Jurnal EMPATI, 6 (1), 257-263. Pratiwi, Nuning Indah. 2017. Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial. 17 (2), 202-224. Khotimah, Khusnul. 2017. Pengaruh Pembelajaran Afektif Terhadap Sikap Hormat Siswa Kepada Guru. Holistika. 17 (2), 113-119. Dedih, Ujang. 2019. Perhatian Orang Tua Dalam Pendidikan Keagamaan Anak di Rumah Hubungannya Dengan Perilaku Mereka di Lingkungan Sekolah. Islamic Religion Teaching and Learning. 19 (1), 1-23. Amallia, Nurul. 2019. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Attadib. 18 (2), 123-133. Rahmadika, Fernanda. 2020. Implementasi Pendidikan Karakter Sopan Santun Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak. Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan. 20 (2), 182-191. Fadhil, Muhammad. 2020. Peran Guru Akidah Akhlak dalam Mengaktualisasikan Sikap Toleransi Pada Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Agama Islam. 20 (1), 67-80. Buku: Fitriyani, Yani. 2022. Strategi Belajar Mengajar. Tsikmalaya : Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia. Skripsi, Tesis, Disertasi: Hasbuna, Maulina. 2019. Peran Guru Dalam Menanamkan Perilaku Sopan Santun Pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Tarbiyatussalam Demak Tahun 2019. Skripsi. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Linggar, Khalisworo. 2020. Peran Orang Tua dan Guru Dalam Membentuk Sopan Santun Siswa di SMPN 2 Sambit. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Afriana. 2018. Analisis Kesantunan Berbahasa Sebagai Dampak Dari Penerapan Pendidikan Karakter Pada Siswa. Skripsi. Universitas Putera Batam. Ariesta, Mariliana. 2020. Ketidaksantunan Berbahasa Generasi Milenial Dalam Media Sosial Twitter. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Mauliddian, Khilmi. 2021. Penanda Niaga Bahasa Jawa di Kota Probolinggo: Kajian Lanskap Linguistik Wilayah Dialeg Pandalungan. Skripsi. Universitas Brawijaya.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v3i2.8642

Article Metrics

Abstract views : 68| PDF views : 50

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Terindeks

1. Google Scholar

2. DRJI

View Stats on Jurnal Prasasti Ilmu

Flag Counter