PERAN GURU DALAM MENANAMKAN SIKAP SOPAN SANTUN SISWA DALAM BERINTERAKSI SOSIAL DI SDN 2 MAYONGLOR

Agung Arya Perdana, Ika Ari Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk sikap sopan santun siswa dalam berinteraksi sosial dan mendeskripsikan peran guru dalam menanamkan sikap sopan santun siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Mayonglor Jepara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data naratif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian peran guru dalam menanamkan sikap sopan santun siswa di SDN 2 Mayonglor dapat disimpulkan bahwa siswa yang diteliti sudah memiliki sikap sopan dalam berperilaku dengan tersenyum saat bertemu dengan guru dan menyapa guru seta sudah bisa berbicara dengan bahasa yang lebih sopan dengan bahasa Indonesia atau bahasa Jawa krama sedikit-sedikit setelah selalu diberikan pendidikan dan arahan tentang sikap sopan santun dalam berperilaku dan berbicara dari guru.


References


Dwijayanti, P., Yuliani, I., & Puspitarini, D. (2023). Bahaya Perilaku Membolos dan Kurangnya Sopan Santun pada Prestasi Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-6, 1624–1631.

https://doi.org/10.29407/2xh7xa50

Faizah, R. N., Fajrie, N., & Rahayu, R. (2021). Sikap Sopan Santun Anak Dilihat dari Pola Asuh Orang Tua Tunggal. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(1), 13–18. https://doi.org/10.24176/jpi.v1i1.6062

Fardani, M.A & Wiranti, D.A. (2019). Peran Orang Tua dalam Pengembangan Bahasa Jawa Krama Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional PGSD UMK.

Kahveci, H. (2023). The Positive and Negative Effects of Teacher Attitudes and Behaviors on Student Progress. Journal of Pedagogical Research, 7(1), 290-306. https://doi.org/10.33902/JPR.202319128

Kamal, M.S, Fardani, M.A, & Bakhruddin, Ahmad. (2023). Sikap Unggah-Ungguh dan Santun Sebagai Cerminan Penggunaan Ragam Bahasa Jawa. Didaktik: Jurnal Ilmmiah PGSD STKIP Subang, 9(4). 1019-1027. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1664

Kumoro, Kanzunnudin, M., & Ika Ari Pratiwi. (2021). Metode Guru dalam Penguatan Karakter KeKemandirian Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(3), 37–41. https://doi.org/10.24176/jpi.v1i3.6600

Kurniawati, W., Marmawi, & Desni. (2016). Peranan Guru dalam Menanamkan Perilaku Sopan Santun pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(10), 1–10. https://doi.org/10.26418/jppk.v5i10.16966

Lazowski, R. A., & Hulleman, C. S. (2015). Motivation interventions in education: A meta-analytic review. Review of Educational Research, 86(2), 1–39. https://doi.org/10.3102/0034654315617832

Loeper, M. F., Schwab, S., Lehofer, M., & Hellmich, F. (2022). The role of students’ experiences in attitude formation towards peers with non-compliant classroom behaviour in inclusive primary schools. European Journal of Special Needs Education, 37(6), 921-935. https://doi.org/10.1080/08856257.2021.1967295

Natanti, S. E., Pratiwi, I. A., & Fardani, M. A. (2023). Nilai Karakter Sopan Santun Dalam Pembiasaan Berbahasa Jawa Anak Usia Sekolah Dasar di Lingkungan Keluarga. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 554–559. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4712

Ningsih, H. S., Koryati, D., & Deskoni. (2016). Analisis Kesulitan Guru dalam Menerapkan di SMP Negeri Kota Palembang. Profit, 3(2), 130–138. https://doi.org/10.36706/jp.v3i2.5564

Peng, C. (2021). The academic motivation and engagement of students in English as a foreign language classes: Does teacher praise matter? Frontiers in Psychology, 12, 778174. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.778174

Pertiwi, H. (2020). Menumbuhkan Sikap Sopan Santun Dalam Kehidupan Sehari – hari Melalui Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Kelas XI SMA Negeri 3 Sukadana. Jurnal Inovasi Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 65–69. https://doi.org/10.30872/ibk.v2i2.652

Prasetyo, A. (2022). Peran Guru dalam Menanamkan Sikap Sopan Santun Siswa di Sekolah. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(4), 281–286. http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau/article/view/449/418

Putra, F. R., Imron, A., & Benty, D. D. N. (2020). Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak. JAMP: Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(2), 182–191. http://dx.doi.org/10.17977/um027v3i22020p182

Roykhan, M., Sucipto, S., & Ardianti, S. D. (2022). Kolaborasi Guru Dan Orang Tua Dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid Di Sekolah Dasar. Jurnal Prasasti Ilmu, 2(1), 48–53. https://doi.org/10.24176/jpi.v2i1.7202

Saputro, F. E. (2020). the Role of Islamic Religious Education Teachers in Actualizing Tolerance Attitudes To Students. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 12(2), 336–347. ttps://doi.org/10.35445/alishlah.v12i2.214

Tsegay, E., & Yigzaw, N. (2018). Does teachers’ motivation have an impact on students’ scientific literacy and motivation? An empirical study in Colombia with data from PISA 2015. Large-Scale Assessments in Education. DOI: 10.1186/s40536-023-00190-8

Utami, S. H. A., & Haryadi, H. (2022). Meta-Analisis Penerapan Metode Bermain Peran Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(2), 165–173. https://doi.org/10.24176/re.v12i2.6364

Vongkulluksn, V. W., Matewos, A. M., Sinatra, G. M., & Marsh, J. A. (2018). Motivational factors in makerspaces: A mixed methods study of elementary school students’ situational interest, self-efficacy, and achievement emotions. International Journal of STEM Education, 5(1), 43. https://doi.org/10.1186/s40594-018-0129-0

Walad, M. (2021). Strategi Penanaman Karakter Islami Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Siswa Kelas VIII di MTS Darussholihin NW Kalijaga. Al-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 19–27. https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v1i1.11

Yenni, E., Yusriati, Y., & Sari, A. W. (2018). Pola Pengajaran Kesantunan Berbahasa Anak di Lingkungan Keluarga. Jurnal Tarbiyah, 25(1), 40–60. https://doi.org/10.30829/tar.v25i1.238

Yin, R. K. (2014). Case study research: Design and methods (5th ed.). Sage. https://doi.org/10.3138/CJPE.BR-240




DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v3i2.8642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View Stats on Jurnal Prasasti Ilmu

Flag Counter