Hubungan Motivasi Belajar dengan HHasil Belajar Siswa Kelas V SD 01 Pringtulis
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan Motivasi Belajar dengan hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif korelasi yang dilaksanakan di SD 01 Pringtulis Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara. Subyek penelitian yaitu siswa kelas 5 SD 01 Pringtulis. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, angket, wawancara, dokumentasi penelitian. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat korelasi yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas 5 SD 01 Pringtulis Nalumsari Jepara, dengan skor diperoleh r tabel (-0,374) dengan nilai signifikansi sebesar 0,231, yang berarti lebih dari 0,05 (0,231>0,05). Dari data terseebut bida diambil kesimpulan bahwa tidak terdapat korelasi yang signifikan anatara motivasi belajar dan hasi belajar siswa kelas 5 SD 01 Pringtulis Nalumsari Jepara.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abidin, Z. (2018). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas V SD Negeri Gugus IV Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 21. https://doi.org/10.24036/jippsd.v2i2.102701
Ardiyanti, H., Ismaya, E. A., & Setiawan, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar dengan Penerapan Model Stad (Student Team Achievement Division) Berbantuan Media Puzzle. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 29–33. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i1.5191
Artha, M. Y., Kanzunnudin, M., & Purbasari, I. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Berbantu Permainan Ular Tangga untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 121–126. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i2.6588
Baeten, M., Dochy, F., & Struyven, K. (2013). The effects of different learning environments on students’ motivation for learning and their achievement. British Journal of Educational Psychology, 83(2), 484–501. https://doi.org/10.1111/j.2044-8279.2012.02076.x
Cahyani, Anisa Ratri. (2018). Hubungan Motivasi Belajar Dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar IPS. Joyful Learning Journal, 7.1: 48-54. https://doi.org/10.15294/jlj.v7i1.13459
Cook, D. A., & Artino Jr, A. R. (2016). Motivation to learn: an overview of contemporary theories. Medical education, 50(10), 997-1014. https://doi.org/10.1111/medu.13074
Elliot, A. J., & McGregor, H. A. (2001). A 2× 2 achievement goal framework. Journal of personality and social psychology, 80(3), 501-519. https://doi.org/10.1037/0022-3514.80.3.501
Fardani, M. A. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Anak Menggunakan Metode Role Playing Berbantukan Media Wayang Angkrek pada Siswa Kelas 3 Sd 3 Padurenan Kudus. Prosiding, 231-236.
Fatmawati, E., Ismaya, E. A., & Setiawan, D. (2021). Pola Asuh Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Anak Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 104–110. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.871
Nafisah Nor Saumi, Murtono, M., & Ismaya, E. A. (2021). Peran Guru Dalam Memberikan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 149–155. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.892
Navida, I., Fakhriyah, F., & Kironoratri, L. (2021). Pola Asuh Orang Tua dalam Meningkatkan. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, a(1), 11–21. https://journal.binadarma.ac.id/index.php
Nurunnazlah, F., Niken, R. A., Kusuma, D., & Setiawaty, R. (2022). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Seminar Nasional LPPM UMMAT Universitas Muhammadiyah Mataram Mataram, 1(1), 278–284.
Pamungkas, T. F., Oktavianti, I., & Ardianti, S. D. (2021). Pola Asuh Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Negeri Sumbermulyo 01 dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 4(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v4i1.5815
Sardiman. (2016). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sappe, I., Ernawati, E., & Irmawanty, I. (2018). Hubungan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V SDN 231 Inpres Kapunrengan Kecamatan Mangarabombang Kabupaten takalar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 3(2), 530. https://doi.org/10.26618/jkpd.v3i2.1419
Sari, L. S. P., Oktavianti, I., & Kironoratri, L. (2023). Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Motivasi Belajar Anak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1153–1159. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5010
Shea, P., Pickett, A. M., & Pelz, W. (2019). Student Enrollment, Motivation and Learning Performance in a Blended Learning Environment: The Mediating Effects Of Social, Teaching, And Cognitive Presence. Computers & Education, 132, 21–37. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.01.017
Setiady, Randy. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Ph.D Thesis. Universitas Pendidikan Indonesia.
Septiani, F. D., Fatuhurrahman, I., & Pratiwi, I. A. (2021). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1104–1111. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1346
Sidiq, D. A. N., Fakhriyah, F., & Masfuah, S. (2020). Hubungan Minat Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 2 Pelemkerep Terhadap Hasil Belajar Selamapembelajaran Daring. Progres Pendidikan, 1(3), 243–250. https://doi.org/10.29303/prospek.v1i3.31
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Utami, L. P., Ismaya, E. A., & Ardianti, S. D. (2022). Peran Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Kelas 4 SDN 01 Kepohkencono. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1823–1833. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i1.3090
DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v3i2.8646
Refbacks
- There are currently no refbacks.