KEMAMPUAN SISWA DALAM BERPIKIR KREATIF MELALUI MEDIA KOLASE PADA MATERI GAMBAR TIGA DIMENSI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis media kolase dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi tiga dimensi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Sidomukti Kota Pati dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data di lapangan, reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan dan verifikasi. Sumber data pimer yaitu guru kelas dan 4 siswa di SDN Sidomukti Kota Pati, sedangkan sumber data sekunder didapatkan dengan dokumentasi dan catatan penelitian, serta buku dan jurnal relevan yang terkait penelitian ini. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan analisis data naratif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kemampuan siswa dalam berpikir kreatif dengan membuat karya kolase yang menggunakan bahan daun kering dapat dinilai dengan kriteria penilaian yaitu: berpikir lancar, berpikir luwes, berpikir orisinal, dan merinci. Karya-karya siswa dikategorikan cukup untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif pada siswa di SD Sidomukti Kabupaten Pati karena masih terdapat siswa yang belum mampu memenuhi kriteria-kriteria tersebut. Selain itu, dalam membuat karya seni kolase kurang menerapan unsur-unsur visual dan prinsip-prinsip dalam membuat seni kolase.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alrubaie, F., & Daniel, E. G. (2014). Developing a Creative Thinking Test for Iraqi Physics Students. International Journal of Mathematics and Physical Sciences Research, 2(1), 80-84. https://doi.org/10.26808/ijmpsr.v2i1.80
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Raja Grafindo Persada.
Astuti, P. (2017). Peningkatan Motivasi dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Media Fotonovela. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(1), 35–42. https://doi.org/10.24176/re.v8i1.1783
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Dilekçia, A., & Karatay, H. (2023). The Effects of the 21st Century Skills Curriculum on the Development of Students’ Creative Thinking Skills. Thinking Skills and Creativity, 47, 101229. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.10129
Eragamreddy, N. (2013). Teaching Creative Thinking Skills. International Journal of english language & translation studies, 1(2), 124-145. https://www.eltsjournal.org/archive.html
Hadi. 2020. Analisis Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran SBdP di SDN Sukun 3 Kota Malang. Seminar Nasional PGSD Unikama. 4: 1-9.
Hanifah, Q. H., Wijayanti, A. R., Shofiyatun, S., & Setiawaty, R. (2022). Kemampuan Guru dalam Melakukan Variasi Belajar pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Seminar Nasional LPPM UMMAT, 1(2019), 588–598.
Hidayah, N. C, Ulya, Himmatul, & Masfuah, Siti. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematis. Jurnal Education, 7(4). 1368-1377. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1366
Indriasih, A., Sumaji, Badjuri, & Santoso. (2020). Pengembangan E-Comic sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Anak Usia Dini. Pengembanagn E-Comic Sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Anak Usia Dini. Refleksi Edukatika, 10(2). 154–162. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4228
Lestari, K. E., & Mokhammad R. Y. 2013). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Naza, D. R. K., Fajrie, N., & Utaminingsih, S. (2021). Peningkatan Keterampilan Berkomunikasi Menggunakan Model Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Ular Tangga. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(3), 28–35. https://doi.org/10.24176/jpi.v1i3.6598
Palintan, A. T. A., & Saria, S. (2018). Penggunaan Media Kolase dalam Meningkatkan Kreativitas Anak. Jurnal Al-Athfal Volume, 1(1), 1-9. https://www.jurnal.umpar.ac.id/index.php/athfal/article/view/9
Primayana. (2020). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Berbantuan Media Kolase. Jurnal Agama dan Budaya. Jurnal Edumatsains, 4(1). 91-100. https://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/Purwadita/article/view/544
Putra, P. A., Ismaya, E. A., & Ahsin, M. N. (2021). Penerapan Model Teams Games Tournament Berbantuan Media Pemprof untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.24176/jpi.v1i1.6061
Riessman, C. K. (2008). Narrative methods for the human sciences. SAGE Publications.
Setiawaty, R., Wahyudi, A. B., Santoso, J., Sabardila, A., & Kusmanto, H. (2018). Stiker Ungkapan Hikmah Sebagai Media Pemartabatan Karakter Anak Didik di Lingkungan Sekolah Muhammadiyah. Prosiding Seminar Nasional Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Multiprespektif-Islam, 177–188.
Sıburıan, J., Corebıma, A. D., & Saptasarı, M. (2019). The Correlation Between Critical and Creative Thinking Skills on Cognitive Learning Results. Eurasian Journal of Educational Research, 19(81), 99-114. https://doi.org/10.14689/ejer.2019.81.6
Solichah, S., & Ayusari, N. (2017). Keterampilan kolase (Cetakan ke‑1). Yogyakarta: Indopublika.
Sunarto, S. (2018). Pengembangan Kreativitas-Inovatif dalam Pendidikan Seni Melalui Pembelajaran Mukidi. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2348
Susanto, A. (2012). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Ulfa, N. A., Fakhriyah, F., & Fardhani, M. A. (2020). Model Mind Mapping Berbantuan Media Roda Putar untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. EduBasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.17509/ebj.v2i1.26555
Widodo, A. et all. (2016). Analisis Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SD Melalui Project Based Learning. EduHumaniora. Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 82-95. https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view/5125
Wuryanto, W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar pada Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEA). In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 239-247).
DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v3i2.8649
Refbacks
- There are currently no refbacks.