MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 5 PASCA PEMBELAJARAN DARING DI SDN 1 MENAWAN

Dikla Vindi Mahatama

Abstract


Pembelajaran daring adalah pembelajaran jarak jauh melalui jaringan dengan memanfaatkan gadget dengan banyak cara. Pembelajaran harus beradaptasi dengan membutuhkan perencanaan yang matang. Untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar peserta didik di kelas 5 pasca pembelajaran daring. Pada dunia pendidikan pentingnya motivasi diperlukan agar peserta didik semangat dalam mengikuti proses pembelajaran di SDN 1 Menawan yang berada di Desa Menawan, kecamatan Gebog, kabupaten Kudus.

Mengubah pembelajaran tatap muka ke pembelajaran berbasis online melalui jaringan dengan memanfaatkan gadget membuat kondisi motivasi belajar peserta didik yang harus diperhatikan. Peserta didik yang bermotivasi tinggi dalam belajar akan memperoleh hasil belajar yang lebih tinggi,  maka hasil yang didapat juga akan lebih tinggi dan sesuai dengan yang diharapkan. Pembelajaran akan berlangsung efektif apabila peserta didik memiliki motivasi dalam belajar. Oleh karena itu motivasi belajar menjadi salah satu kunci keberhasilan untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dilaksanakan pada kelas 5 di SDN 1 Menawan dengan subjek 27 peserta didik yang diseleksi menjadi menjadi 4 peserta didik dengan kriteria. Peserta didik yang paling pintar dan paling kurang, peserta didik dari latar belakang keluarga ekonomi mampu dan kurang mampu. Instrumen penelitian menggunakan teknik observasi dan wawancara.




DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v3i3.8650

Article Metrics

Abstract views : 38|

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Terindeks

1. Google Scholar

2. DRJI

View Stats on Jurnal Prasasti Ilmu

Flag Counter