MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 5 PASCA PEMBELAJARAN DARING DI SDN 1 MENAWAN

Dikla Vindi Mahatama

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan motivasi belajar peserta didik kelas V pasca pembelajaran daring di SDN 1 Menawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama pembelajaran daring, motivasi belajar peserta didik cenderung menurun akibat minimnya interaksi sosial dan kesulitan memahami materi secara mandiri. Peserta didik merasa jenuh, bosan, dan tidak antusias mengikuti pembelajaran dari rumah. Namun, setelah pembelajaran tatap muka kembali diterapkan, motivasi belajar siswa meningkat seiring dengan kembalinya suasana kelas yang interaktif dan kolaboratif. Peserta didik menjadi lebih aktif, menunjukkan minat belajar yang lebih tinggi, serta mulai mandiri dalam menyelesaikan tugas. Meskipun begitu, terdapat variasi tingkat motivasi yang dipengaruhi oleh faktor internal seperti kondisi fisik dan psikologis, serta faktor eksternal seperti dukungan guru dan lingkungan belajar. Temuan ini menunjukkan pentingnya peran guru dalam memberikan pendampingan dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung untuk memulihkan motivasi belajar peserta didik pasca pandemi.


References


Ahmed, V., & Opoku, A. (2022). Technology Supported Learning And Pedagogy In Times of Crisis: The Case of COVID-19 pandemic. In Education and Information Technologies (Vol. 27, Issue 1). Springer US. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10706-w

Alberto, C. A., Navarro, L. C., & Garcia, M. M. (2023). Digital Fatigue and Student Disengagement During Remote Learning: A Systematic Review. Teaching and Teacher Education, 122. https://doi.org/10.1016/j.tate.2023.103971

Alberto, V., Cort, M. C., Ramírez-guerrero, S., García-gu, D. P., & Talero-guti, C. (2023). Effects of Remote Learning During COVID-19 Lockdown on Children’s Learning Abilities and School Performance: A Systematic Review. International Journal of Educational Development, January. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2023.102835

Abdul, & Sofyana. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 8(1), 81–86. https://doi.org/10.23887/janapati.v8i1.17204

Azmi, F. M., Khan, H. N., & Azmi, A. M. (2022). The Impact of Virtual Learning on Students’ Educational Behavior and Pervasiveness of Depression Among University Students Due To The COVID-19 Pandemic. Globalization and Health, 18(1), 1–9. https://doi.org/10.1186/s12992-022-00863-z

Chansaengsee, S. (2023). Boredom in Online Activity During COVID-19 Outbreak Causing Dysfunctional Behaviors of Adolescent Students: Phenomenological Study To The Creation of Virtual Reality Classroom. European Journal of Psychology of Education, 38(4), 1749–1770. https://doi.org/10.1007/s10212-022-00673-2

Daniel, S. J. (2020). Education and The COVID-19 Pandemic. Prospects, 49(1–2), 91–96. https://doi.org/10.1007/s11125-020-09464-3

Dimyati & Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dubinsky, J. M., & Hamid, A. A. (2024). The Neuroscience of Active Learning and Direct Instruction. Neuroscience and Biobehavioral Reviews, 163(May), 105737. https://doi.org/10.1016/j.neubiorev.2024.105737

Fardani, M.A. 2018. Peningkatan Motivasi Belajar Anak Menggunakan Metode Role Playing Berbantukan Media Wayang Angkrek Pada Siswa Kelas 3 Sd 3 Padurenan Kudus. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Prodi PGSD FKIP UMK.

Fitria, Nurma Zakiyyatu, Masturi, Pratiwi, I.A. (2022). Peran Orang Tua untuk Memotivasi Belajar Anak di Desa Keling Ngasem. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran), 6(2). 401-408. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i2.8332

Flunger, B., Hollmann, L., Hornstra, L., & Murayama, K. (2022). It’s More About A Lesson Than A Domain: Lesson-Specific Autonomy Support, Motivation, and Engagement In Math And A Second Language. Learning and Instruction, 77(July 2020), 101500. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2021.101500

Grabner-Hagen, M. M., & Kingsley, T. (2023). From Badges To Boss Challenges: Gamification Through Need-Supporting Scaffolded Design to Instruct And Motivate Elementary Learners. Computers and Education Open, 4(March), 100131. https://doi.org/10.1016/j.caeo.2023.100131

Hasan, N., & Bao, Y. (2020). Impact of “E-Learning Crack-Up” Perception On Psychological Distress Among College Students During COVID-19 Pandemic: A Mediating Role Of “Fear Of Academic Year Loss.” Children and Youth Services Review, 118(July), 105355. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105355

Heruman. (2013). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hornstra, L., Stroet, K., & Weijers, D. (2021). Profiles Of Teachers’ Need-Support: How Do Autonomy Support, Structure, and Involvement Cohere and Predict Motivation and Learning Outcomes? Teaching and Teacher Education, 99. https://doi.org/10.1016/j.tate.2020.103257

Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran pesrpektif guru dan siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Meileni, H. R., Fajrie, N., & Setiawan, D. (2022). Intensitas Komunikasi Orangtua dalam Memotivasi Belajar Anak Sekolah Dasar di Desa Undaan Tengah. Jurnal Prasasti Ilmu, 2(2), 104–108. https://doi.org/10.24176/jpi.v2i2.8365.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mursyidah, Kanzunnudin, M., & Ardianti, S. D. (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajar Daring di Desa Sadang Selama Pendemi Covid-19. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(3), 9–20. https://doi.org/10.24176/jpi.v1i3.6612

Navida, I., Fakhriyah, F., & Kironoratri, L. (2021). Pola Asuh Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 14(1). 11-21. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v14i1.1366

Nafsiah, A., Zulfiyah, R. I., Aniatul Khoirul Ummah, & Hilyana, F. S. (2022). Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Prasasti Ilmu, 4(1), 291–308. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i1.1337.

Nihayah, A.Z, Fakhriyah, F, & Fardani, M.A. 2020. Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Berbantuan Media Pop-Up Book untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa SD. PENDAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2). 140-150. https://doi.org/10.23969/jp.v5i2.3424.

Nurunnazlah, F., Niken, R. A., Kusuma, D., & Setiawaty, R. (2022). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Seminar Nasional LPPM UMMAT Universitas Muhammadiyah Mataram Mataram, 1(1), 278–284. https://journal.ummat.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/9643

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v 3i2.945

Öncü, S., Çolakoğlu, M., & Colak, H. (2024). Engagement Dynamics in Information Technology Education: A Comparative Analysis of Online Vs. Face-To-Face Instruction. Journal of Educational Technology and Online Learning, 7(3), 321–333. https://doi.org/10.31681/jetol.1508735

Ramadhani, R.W, Rahayu Ratri, Kuryanto, M.S. (2021). Dampak Nomophobia Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. P2M STKIP Siliwangi, 8(2). 97-106. https://doi.org/10.22460/p2m.v8i2p97-106.2492

Reeve, J., & Cheon, S. H. (2024). Learning How To Become An Autonomy-Supportive Teacher Begins With Perspective Taking: A Randomized Control Trial and Model Test. Teaching and Teacher Education, 148(September 2023), 104702. https://doi.org/10.1016/j.tate.2024.104702

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunnah. (2012). Model Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siswa. 1-19.

Susanto, A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Uno, H. B. & Junwinanto (Ed). (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Valentín-Sívico, J., Canfield, C., Low, S. A., & Gollnick, C. (2023). Evaluating The Impact of Broadband Access and Internet Use in A Small Underserved Rural Community. Telecommunications Policy, 47(4), 102499. https://doi.org/10.1016/j.telpol.2023.102499

Wulandari, R., Santoso, & Ardianti, S.D. (2021). Tantangan Digitalisasi Pendidikan bagi Orang Tua dan Anak di Tengah Pandemi Covid-19 di Desa Bendanpete. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6). 3839-3851. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1312




DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v3i3.8650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View Stats on Jurnal Prasasti Ilmu

Flag Counter