PENGARUH PENERAPAN LITERATUR ONLINE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA SD 2 PRINGTULIS
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan literatur online terhadap pemahaman konsep IPA dan mengetahui adanya peningkatan pemahaman konsep IPA siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian kuantitatif digunakan untuk menganalisis pemahaman konsep IPA menggunakan literatur online. Desain metode eksperimen yang digunakan adalah quasi experimental (eksperimen semu) dengan desain one-group pretest-posttest. Penelitian ini dilaksanakan di SD 2 Pringtulis Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara. Subjek penelitian yaitu siswa kelas 5 SD 02 Pringtulis yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, angket, wawancara, dokumentasi penelitian. Analisis data menggunakan regresi sederhana dan uji N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literatur online berpengaruh positif terhadap kemampuan pemahaman konsep IPA siswa kelas V. Hasil uji N-Gain menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari pretest sebesar 80 menjadi 85 pada posttest. Dengan demikian, literatur online terbukti mampu meningkatkan pemahaman siswa secara signifikan
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agustina, E., Ferdiansyah, M., & Syaflin, S. L. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(1), 47–56. http://dx.doi.org/10.24036/jippsd.v5i1.113251
Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar. Educare: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 17(2), 90–97. https://doi.org/10.61132/arjuna.v3i5.2275
Barkela, E. (2023). The Effects Of Formative Feedback On Cognitive, Emotional And Behavioral Engagement In Online Learning Environments. Teaching and Teacher Education, 127, 104005. https://doi.org/10.1016/j.tate.2023.104005
Gatrell, D., Mark, K. P., Au-Yeung, C., & Leung, K. Y. (2025). Using Expansive Learning to Design and Implement Video-Annotated Peer Feedback in An Undergraduate General Education Module. In Education and Information Technologies (Vol. 30, Issue 3). Springer US. https://doi.org/10.1007/s10639-024-12934-2
Handayani, N. A., & Jumadi, J. (2021). Analisis Pembelajaran IPA Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(2), 217–233. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i2.19033
Hanifah, Q. H., Wijayanti, A. R., Shofiyatun, S., & Setiawaty, R. (2022). Kemampuan Guru dalam Melakukan Variasi Belajar Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Seminar Nasional LPPM UMMAT, 1(2019), 588–598. http://journal.ummat.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/9833%0Ahttp://journal.ummat.ac.id/index.php/semnaslppm/article/viewFile/9833/5071
Hattan, C., Alexander, P. A., & Lupo, S. M. (2024). Leveraging What Students Know to Make Sense of Texts: What the Research Says About Prior Knowledge Activation. Review of Educational Research, 94(1), 73–111. https://doi.org/10.3102/00346543221148478
Isdayanti, L. N & Syachruroji, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Adobe Flash pada Materi Daur Hiudp Hewan. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4 (2), 390-406 https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.27320
Istikhoirini, E. (2021). Studi Literatur: Edmodo Sebagai Media Pembelajaran Matematika Daring dalam Era Merdeka Belajar di Masa Pandemi. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 2 (1).
Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawat, S. (2020). Studi Literatur: Problematika Evaluasi Pembelajaran dalam Mencapai Tujuan Pendidikan di Era Merdeka Belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2020, 10–15. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip
Kaldaras, L., Wang, K. D., Nardo, J. E., Price, A., Perkins, K., Wieman, C., & Salehi, S. (2024). Employing Technology-Enhanced Feedback and Scaffolding to Support The Development of Deep Science Understanding Using Computer Simulations. International Journal of STEM Education, 11(1). https://doi.org/10.1186/s40594-024-00490-7
Lam, C. N. C., Tong, A., & Cheung, W. S. (2022). Enhancing Students’ Reflective Thinking and Learning Performance Through Video-Annotated Peer Feedback in Higher Education. International Journal of Innovation and Learning, 32(4), 474–497. https://doi.org/10.1504/IJIL.2022.123344
Lam, C. N. C. (2023). Using Video-Based Peer Feedback to Foster Critical Reflection And Student Engagement in Presentation Skills Development. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 20, Article 26. https://doi.org/10.1186/s41239-023-00388-2
Mayordomo, R. M., García-Berbén, A. B., & Martínez-Fernández, J. R. (2022). Students’ Perception of Feedback In Higher Education: A Study on Its Usefulness, Motivational Value And Emotional Impact. Education and Information Technologies, 27(1), 239–258. https://doi.org/10.1007/s10639-022-10948-2
Mujianto H. (2019). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian, 5 (1), 135-159. https://doi.org/10.10358/jk.v5i1.588
Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma: Journal Of Islamic Education, 2 (1). https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646
Nugroho, A., & Maryani, I. (2021). Pemanfaatan Media Digital dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Sains. Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(2), 112-121. https://doi.org/10.23887/jtp.v23i2.35149
Nurlaela, L., Hidayat, R., & Utami, P. (2020). Pembelajaran IPA Berbasis Digital: Strategi untuk Meningkatkan Kemampuan Klasifikasi Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 8(3), 112–121. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPS/article/view/19092
Pandita, A., & Kiran, R. (2023). The Technology Interface and Student Engagement Are Significant Stimuli in Sustainable Student Satisfaction. Sustainability, 15(10), 7923. https://doi.org/10.3390/su15107923
Premthaisong, S., & Srisawasdi, N. (2024). An Effect of Technology-Infused Active Inquiry Learning in Primary School Science on Students’ Conceptions of Learning Science. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 20(6), 3–5. https://doi.org/10.29333/EJMSTE/14662
Qona’ah, A., Aminatun, I., Wira Neni Setyaningrum, & Setiawaty, R. (2022). Implementasi Model Picture and Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Muatan Materi Flora Fauna pada Siswa Sekolah Dasar: Kajian Literatur. Seminar Nasional UMAT, 1, 4–8. http://journal.ummat.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/9366%0Ahttp://journal.ummat.ac.id/index.php/semnaslppm/article/download/9366/5023
Rusmayani, P. E. (2021). Penerapan Model Siklus Belajar 7E untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa SMP N 2 Nusa Penida Semester Ganjil Thun Pelajaran 2029/2020. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(2), 8–20. https://doi.org/10.47387/jira.v2i7.193
Samatowa, U. (2018). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Indeks.
Sari, D. A., & Widodo, H. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Digital terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 55-62. https://ejournal.upi.edu/index.php/JPUD/article/view/27594
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyono, & Hariyanto. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Digital terhadap Pemahaman Konsep Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 6(1), 45–54. https://doi.org/10.21831/jipd.v6i1.38021
Syafitri, Y., Lestari, I., & Fitriana, H. (2022). Peran Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Teknologi, 10(1), 22-30. https://doi.org/10.33369/jpteknologi.v10i1.45632
Suyitno, M., Rukhmana, T., Siti Nurmiati, A., Romadhon, F., Irawan, I., & Mokodenseho, S. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya Dalam Mengatasi Krisis Pembelajaran (Learning Loss) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X di SMA Negeri 12 Bandar Lampung. Journal on Education, 6(1), 3588–3600. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3456
Tang, K. S., Park, J., & Chang, J. (2022). Multimodal Genre of Science Classroom Discourse: Mutual Contextualization Between Genre and Representation Construction. Research in Science Education, 52(3), 755–772. https://doi.org/10.1007/s11165-021-09999-1
Triana, L. (2016). Penggunaan Strategi Mind Mapping Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V SDN I Wonorejo Demak. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 36–44. https://doi.org/10.24176/re.v7i1.911
Uriel, C., Sergio, S., Carolina, G., Mariano, G., Paola, D., & Martín, A. (2020). Improving The Understanding of Basic Sciences Concepts by Using Virtual and Augmented Reality. Procedia Computer Science, 172, 389–392. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.05.165
Wu, R., Yang, W., Rifenbark, G., & Wu, Q. (2023). School and Teacher Information, Communication and Technology (ICT) Readiness Across 57 Countries: The Alignment Optimization Method. Education and Information Technologies, 28(2), 1273–1297. https://doi.org/10.1007/s10639-022-11233-y
Wulandari, A., & Saputra, H. (2020). Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 101–109. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jipd/article/view/34091
Yuliana, R., & Puspitasari, D. (2021). Pemanfaatan Literatur Digital dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 23–32. https://doi.org/10.21009/jpdn.v6i1.43789
Zuo, M., Kong, S., Ma, Y., Hu, Y., & Xiao, M. (2023). The Effects of Using Scaffolding in Online Learning: A Meta-Analysis. Education Sciences, 13(7), 1–12. https://doi.org/10.3390/educsci13070705
DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v3i3.8663
Refbacks
- There are currently no refbacks.