UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI KOLABORASI MACROMEDIA FASH 8 DAN FLASH CARD SISWA KELAS II SEMESTER I SDN PULOREJO 02 TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Sumiyati Sumiyati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran PAI melalui kolaborasi Macromedia Fash 8 dan Flash Card, 2) Untuk mengetahui apakah penerapan penerapan kolaborasi Macromedia Fash 8 dan Flash Card dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, 3) Untuk mengetahui apakah penerapan kolaborasi Macromedia Fash 8 dan Flash Card dapat meningkatkan hasil belajar Kelas II SDN Pulorejo 02.

Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian yakni kelas II semester I tahun pelajaran 2022/2023 SD Negeri Pulorejo 02  Kecamatan Winong Kabupaten Pati.  

Hasil pengamatan proses pembelajaran menunjukkan bahwa kolaborasi media interaktif Macromedia Fash 8 dan media Flash Card mengalami peningkatan rata-rata skor dari 2,69 dengan kategori baik pada siklus I menjadi 3,63 dengan kategori amat baik pada siklus II. Data hasil pengamatan terhadap aktivitas belajar siswa juga menunjukkan peningkatan rata-rata dari 2,96 pada siklus I menjadi 3,54 pada siklus II. Hasil belajar juga menunjukkan peningkatan, pada kondisi awal siswa tuntas KKM sebanyak 5 siswa atau 42%, sedangkan yang belum tuntas sebanyak 7 siswa atau 58% dengan nilai rata-rata 63,33. Meningkat pada siklus I yaitu siswa yang tuntas KKM sebesar 8 siswa atau 67%, sedangkan siswa yang belum tuntas KKM sebanyak 4 siswa atau 33%  dengan nilai rata-rata 78,25. Semakin meningkat pada siklus II yaitu siswa yang tuntas KKM sebesar 11 siswa atau 92%, sedangkan siswa yang belum tuntas KKM hanya 1 siswa atau 8% dengan nilai rata-rata 91,00. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/jpi.v2i3.8897

Article Metrics

Abstract views : 106| PDF views : 8

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Terindeks

1. Google Scholar

2. DRJI

View Stats on Jurnal Prasasti Ilmu

Flag Counter