Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Promosi Pada Usaha Buket VA.Galeryy

Muhammad Nahrowi, Andy Prasetyo Utomo, Nanik Susanti

Sari


Penggunaan media sosial sebagai sarana promosi digital menjadi hal yang sangat penting bagi usaha kecil dan menengah (UKM) di era digital ini. VA.Galeryy, sebuah usaha pembuatan buket yang telah beroperasi selama 6 tahun, menghadapi tantangan dalam memperluas jangkauan pasar melalui promosi yang menarik di media sosial. Salah satu solusi yang diajukan adalah pemanfaatan aplikasi desain grafis Canva untuk membuat materi promosi yang lebih profesional dan konsisten. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengajarkan pemilik usaha VA.Galeryy cara menggunakan Canva dalam pembuatan desain promosi yang efektif. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini melibatkan pendekatan edukatif dan partisipatif, dengan fokus pada praktik langsung. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan pemilik usaha dalam menggunakan Canva, yang berdampak pada peningkatan kualitas dan konsistensi materi promosi yang diposting di media sosial. Selain itu, pemilik usaha juga mengalami peningkatan aktivitas dan interaksi dengan audiens di media sosial, yang berujung pada jangkauan pasar yang lebih luas dan peningkatan penjualan. Kegiatan ini membuktikan bahwa pemanfaatan aplikasi desain grafis seperti Canva dapat membantu usaha kecil dalam mengoptimalkan pemasaran digital dan memperluas pasar mereka secara lebih efisien.


Kata Kunci


Canva, Promosi, Bisnis

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/jpsitech.v2i1.14352

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Publisher:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muria Kudus

Jl. Lingkar Utara UMK, Gondangmanis, Bae, Kudus 59327 - Central Java, Indonesia

Website: https://lppm.umk.ac.id