Membangun Kompetensi Visual Siswa SD: Strategi Pembelajaran Desain Grafis dengan Canva

Syahrul Iqbal Aryanto, Syafiul Muzid, Rhoedy Setiawan, Noor Latifah, Yudie Irawan

Sari


Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di era digital menuntut keterampilan baru, salah satunya adalah kemampuan desain grafis. Siswa sekolah dasar sebagai bagian dari generasi digital perlu dibekali dengan keterampilan visual sejak dini untuk menunjang proses belajar dan pengembangan kreativitas. Namun, banyak siswa belum memiliki akses maupun pemahaman terhadap aplikasi desain grafis yang sesuai dengan usia mereka. Pelatihan desain grafis menggunakan aplikasi Canva dirancang untuk menjawab kebutuhan tersebut dengan pendekatan yang menyenangkan, sederhana, dan edukatif. Kegiatan ini dilaksanakan di lingkungan perumahan Karangmalang dan ditujukan untuk meningkatkan keterampilan digital, berpikir kreatif, serta kemampuan siswa dalam menyampaikan ide secara visual. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan antusiasme siswa terhadap pembuatan konten visual seperti poster, infografis, dan presentasi. Pelatihan ini memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan literasi digital siswa serta mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan pembelajaran di era informasi.


Kata Kunci


Pelatihan, Desain Grafis, Canva, Sekolah Dasar

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/jpsitech.v2i1.15168

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Publisher:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muria Kudus

Jl. Lingkar Utara UMK, Gondangmanis, Bae, Kudus 59327 - Central Java, Indonesia

Website: https://lppm.umk.ac.id