Learning Arabic Vocabulary by Utilizing the Tobo Arabic Application

Habibah Syifa Fauziah
Mia Nurmala
Yayan Nurbayan

Abstract


Kemampuan penguasaan kosa kata di dalam pembelajaran bahasa Arab merupakan hal yang paling utama, oleh karena itu kita wajib mempelajarinya. Akan tetapi, pada kenyataannya siswa masih kurang dalam kemampuan penguasaan kosakata bahasa Arab. Di samping itu juga motivasi siswa yang rendah membuat proses pembelajaran bahasa Arab semakin sulit. Pemilihan penggunaan media yang tepat dalam proses pembelajaran dapat mengantarkan siswa dalam mencapai tujuan dari pembelajaran tersebut, salah satunya yaitu memiliki kemampuan penguasaan kosakata yang baik. Kemudian untuk media pembelajaran sendiri dipengaruhi oleh adanya perkembangan teknologi. Pada era abad 21 ini, telah banyak media pembelajaran berupa aplikasi digital salah satunya adalah aplikasi Tobo Arabic yang di dalamnya sudah menyediakan ribuan kosakata bahasa Arab yang ditampilkan melalui suara dan gambar sehingga penggunaan media ini mampu memudahkan siswa dalam proses pembelajaran kosakata bahasa Arab dan mampu meningkatkan motivasi belajar pada siswa. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas penggunaan media Tobo Arabic dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa di MTSN 1 Kuningan. Adapun penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan quasi eksperimental design berupa one group pretest-postest design yang membutuhkan data pretest dan posttest. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Tobo Arabic efektif terhadap pembelajaran kosakata di MTSN 1 Kuningan. Uji paired samples t-test menunjukkan bahwa nilai Sig untuk kelas eksperimen memiliki nilai Sig 0,01<0,05.

 

The ability to master vocabulary in Arabic language learning is the most important thing, therefore we must learn it. However, in reality students are still lacking in the ability to master Arabic vocabulary. In addition, low student motivation makes the Arabic learning process even more difficult. Choosing the right use of media in the learning process can lead students to achieve the goals of learning, one of which is having good vocabulary mastery skills. Then for the learning media itself is influenced by technological developments. In this 21st century era, there have been many learning media in the form of digital applications, one of which is the Tobo Arabic application which provides thousands of Arabic vocabulary displayed through sound and images so that the use of this media can facilitate students in the learning process of Arabic vocabulary and can increase learning motivation in students. Therefore, the purpose of this study is to determine the effectiveness of using Tobo Arabic media in improving students' mastery of Arabic vocabulary at MTSN 1 Kuningan. This research is a quantitative research using quasi-experimental design in the form of one group pretest-postest design which requires pretest and posttest data. The results showed that the Tobo Arabic application was effective for vocabulary learning at MTSN 1 Kuningan. The paired samples t-test test shows that the Sig value for the experimental class has a Sig value of 0.01 <0.05.


Keywords


arabic; effect; learning; tobo; vocabulary



DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v7i2.12335

Article Metrics

Abstract views : 286| PDF (Bahasa Indonesia) views : 88

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

 In Collaboration With:

 

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter