MEDIA WAYANG MINI DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAGI PEMELAJAR BIPA A1 UNIVERSITAS EZZITOUNA TUNISIA

Eko Widianto

Abstract


Penelitian ini ditulis dengan tujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media wayang mini untuk pembelajaran keterampilan berbicara bagi pemelajar BIPA tingkat A1 di Universitas Ezzitouna, Tunisia. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan manfaat penggunaan media wayang mini dalam pembelajaran keterampilan berbicara bagi pemelajar BIPA di Universitas Ezzitouna, Tunisia. Media wayang mini juga dapat digunakan sebagai sarana diplomasi budaya dalam aspek sosiokultural. Adapun manfaat penggunaan media pembelajaran tersebut yaitu (1) pembelajaran lebih komunikatif dan menarik; (2) meminimalkan proses translasi/terjemah dalam pembelajaran; (3) menguatkan ingatan pemelajar BIPA terhadap suatu kosakata maupun konsep karena media bersifat ikonis; (4) pemelajar lebih banyak beraktivitas dalam mengeksplorasi media; (5) bahan ajar menjadi lebih bermakna; dan (6) sarana diplomasi budaya Indonesia. Dalam penelitian ini, dikemukakan pula langkah-langkah pembelajaran yang dapat dilakukan dalam pembelajaran BIPA keterampilan berbicara menggunakan media wayang mini.


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v1i1.1757

Article Metrics

Abstract views : 390| PDF views : 916

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

 In Collaboration With:

 
  
KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.