KESALAHAN BAHASA DALAM PRAKTIK BERBICARA PEMELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA) DI UNIVERSITAS PGRI SEMARANG TAHUN 2018

Raden Yusuf Sidiq Budiawan
Rukayati Rukayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan berbahasa dalam praktik berbicara pemelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing di Universitas PGRI Semarang tahun 2018. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak catat atau observasi dan mencatat serta simak libat cakap atau wawancara. Data yang sudah diperoleh kemudian dianalisis dan diklasifikasikan berdasarkan bentuk-bentuk kesalahan. Hasil dari penelitian ini disajikan secara informal atau menggunakan deskripsi kata-kata dari penulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kesalahan berbahasa, khususnya kemampuan berbicara tersebut, dapat diklasifikasikan menjadi 5 jenis, yaitu kesalahan dalam pelafalan, kesalahan dalam intonasi, kesalahan dalam kalimat, kelancaran dan senyapan, dan kenyaringan, (2) kesalahan dari segi kalimat dapat dibagi lagi menjadi 3 jenis, yaitu kesalahan pilihan kata, kesalahan dalam penggunaan afiks, dan ketidakefektifan kalimat, dan (3) kesalahan berbahasa tersebut disebakan oleh beberapa faktor, diantaranya faktor psikologis (gugup/ grogi), penguasaan topik, kurangnya kosa kata, pemilihan kata, pemahaman tata bahasa dan tata kalimat, dan  interferensi bahasa ibu (B1).

Kata Kunci: analisis kesalahan, bahasa Indonesia, pemelajaran BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing), kemampuan berbicara, praktik berbicara



DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2428

Article Metrics

Abstract views : 431| PDF (Bahasa Indonesia) views : 1070

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

 In Collaboration With:

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.