ANALISIS STRATEGI BELAJAR DENGAN METODE BIMBEL ONLINE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS DAN PRONUNCIATION (PENGUCAPAN/PELAFALAN) BERBAHASA REMAJA SAAT INI

Ana Ramadhayanti

Abstract


Penggunaan istilah asing tidak hanya dalam bahasa Indonesia namun juga dalam bahasa Inggris. Saat ini telah banyak berbagai akses yang dapat digunakan untuk melakukan pembelajaran. Melalui handphone smarphone dapat dijadikan sebagai akses dalam pembelajaran. Hingga saat ini munculah teknologi berbasis pendidikan yakni beberapa situs resmi berbasis pendidikan yang ditayangkan seacara online. Pembelajaran berbasis online dalam bentuk video ini menyediakan berbagai mata pelajaran mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga sekolah menengah atas, bahka terdapat juga materi pembelajaran untuk persiapan masuk perguruan tinggi negeri. Dari sekian mata pelajaran satu diantaranya Bahasa Inggris, beberapa siswa memanfaatkan strategi belajar dengan metode berbasis online ini. Namun untuk mengetahui kemampuan pemahaman dan pengucapan/pelafalan perlu diteliti lebih jauh lagi. Karena metode pembelajaran berbasis online ini tidak tayangkan secara live, atau dalam arti kata hanya sebuah rekaman video, maka umpan balik dari siswa jika ingin menanyakan mengenai materi yang disaksikan di video tersebut menjadi suatu kendala tertentu. Dengan berbagai uraiaan diatas maka penulis tertarik ingin meneliti fenomena ini dengan menggunakan metode penelitian sampling acak sederhana (simple random sampling), dengan pengumpulan data melalui menyebarkan quesioner dengan analisis penelitian Kuantitatif. Berdasarkan kajian penelitian yang telah penulis lakukan menunjukkan Kemampuan Pemahaman saling berpengaruh dengan hasil penelitian yang signifikan dan positif terhadap Strategi Belajar Dengan Metode Bimbel Online. Sementara itu untuk Pronunciation (Pengucapan/pelafalan) juga saling berpengaruh dengan hasil penelitian yang signifikan dan positif terhadap Strategi Belajar Dengan Metode Bimbel Online. Kata Kunci : Pronunciation, Bimbel Online, Bahasa Inggris



DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2580

Article Metrics

Abstract views : 4101| PDF (Bahasa Indonesia) views : 9143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

 In Collaboration With:

 

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter