PERBEDAAN KEMAMPUAN MENULIS BERITA SISWA KELAS VII SMPN 3 PARIAMAN DENGAN MEDIA GAMBAR DAN OBJEK LANGSUNG

Astuti Samosir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan menulis berita siswa kelas VII SMPN 3 Pariaman dengan Media Gambar. (2) mendeskripsikan kemampuan menulis berita siswa kelas VII SMPN 3 Pariaman dengan objek langsung. (3) mendeskripsikan perbedaan kemampuan menulis berita siswa kelas VII SMPN 3 Pariaman, dengan media gambar dan objek langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental research). Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Pertama, kemampuan siswa kelas eksperimen dengan menggunakan objek langsung berada pada kualifikasi baik (B) dengan rata-rata hitung 81,11.  Kedua, kemampuan siswa kelas kontrol dengan menggunakan media gambar berada pada kualifikasi cukup (C) dengan rata-rata hitung 76.  Ketiga, setelah dilakukan uji-t diperoleh thitung  = 1,96 dan ttabel = 1,67 yaitu th > tt, maka H1diterima. Jadi, terdapat perbedaan kemampuan siswa kelas VII SMPN 3 Pariaman dengan objek langsung dan media gambar.

 

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2697

Article Metrics

Abstract views : 117| PDF views : 344

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

 In Collaboration With:

 
  
KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 International License.