PERBEDAAN KEMAMPUAN MENULIS BERITA SISWA KELAS VII SMPN 3 PARIAMAN DENGAN MEDIA GAMBAR DAN OBJEK LANGSUNG

Astuti Samosir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan menulis berita siswa kelas VII SMPN 3 Pariaman dengan Media Gambar. (2) mendeskripsikan kemampuan menulis berita siswa kelas VII SMPN 3 Pariaman dengan objek langsung. (3) mendeskripsikan perbedaan kemampuan menulis berita siswa kelas VII SMPN 3 Pariaman, dengan media gambar dan objek langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental research). Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Pertama, kemampuan siswa kelas eksperimen dengan menggunakan objek langsung berada pada kualifikasi baik (B) dengan rata-rata hitung 81,11.  Kedua, kemampuan siswa kelas kontrol dengan menggunakan media gambar berada pada kualifikasi cukup (C) dengan rata-rata hitung 76.  Ketiga, setelah dilakukan uji-t diperoleh thitung  = 1,96 dan ttabel = 1,67 yaitu tbigger than tt, maka H1diterima. Jadi, terdapat perbedaan kemampuan siswa kelas VII SMPN 3 Pariaman dengan objek langsung dan media gambar.



DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2697

Article Metrics

Abstract views : 255| PDF (Bahasa Indonesia) views : 1204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

 In Collaboration With:

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.