TINGKAT MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SMA KABUPATEN LAMONGAN

Abdul Kholiq
Dian Luthfiyati

Abstract


Penelitian tentang tingkat pendidikan setiap daerah sangat diperlukan secara berkelanjutan. Fokus penelitian ini adalah tingkat kemampuan membaca pemahaman siswa SMA se-Kabupaten Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskritif kuantitatif. Populasi dari penelitian adalah seluruh siswa SMA se-Kabupaten Lamongan. Metode sampling dalam penelitian ini adalah proportional sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 10 sekolah yang berada di Kabupaten Lamongan, yaitu (1) SMAN 1 Mantup Lamongan; (2) SMAN 1 Paciran Lamongan; (3) SMAN 2 Lamongan; (4) SMA Mazroatul Ulum Lamongan; (5) SMAN 1 Babat Lamongan; (6) SMAN 1 Bluluk Lamongan; (7) SMAN 1 Kembangbahu Lamongan; (8) SMA Nurul Huda Lamongan; (9) SMA Khozainul Ulum Lamongan; (10) SMA Nusantara Deket Lamongan. Setiap sekolah diambil sampel 30 siswa untuk mengisi tes membaca pemahaman siswa. Dapat dikatakan bahwa jumlah siswa yang diuji dalam penelitian ini adalah 300 siswa. Dalam pengumpulan data penelitian ini digunakan metode tes. Penganalisisan data penelitian dilakukan dengan penentuan rata-rata nilai siswa. Penilaian Acuan Patokan (PAP) yang digunakan pada penelitian ini adalah 60. Dari hasil penelitian, rata-rata kemampuan membaca pemahaman siswa SMA Kabupaten Lamongan adalah 48.62. Jika dikaitkan dalam kriteria penskoran penilaian dalam penelitian ini dapat dinyatakan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa SMA Kabupatean Lamongan adalah sangat rendah. 


Kata kunci: Membaca Pemahaman, Pemahaman Literal, Pemahaman Inferensial, Pemahaman Kritis, Pemahaman Kreatif




DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v4i1.3535

Article Metrics

Abstract views : 38| PDF (Bahasa Indonesia) views : 30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

 In Collaboration With:

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.