Penilaian Autentik Keterampilan Membaca Berbasis Strategi Metakognitif
Abstract
Tujuan penelitian ini yakni pertama mengetahui bentuk penilaian autentik keterampilan membaca bahasa Inggris melalui strategi metakognitif. Kedua, mengetahui pola penilaian autentik yang tepat dalam keterampilan membaca bahasa Inggris berbasis strategi metakognitif. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data berupa hasil pembelajaran bahasa Inggris di perguruan tinggi. Analisis data penelitian menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data. Hasil penelitian ini yakni penilaian autentik tepat digunakan untuk keterampilan membaca bahasa Inggris karena dapat mengukur kinerja dan perkembangan membaca secara individu, selain itu penggunaan strategi metakognitif dapat menjadi penghubung yang jelas antara kemampuan membaca bahasa Inggris yang dimiliki pembelajar dengan perkembangan kemampuan yang dimiliki. Kedua, pola penilaian autentik yang sesuai untuk pembelajar yakni mengedepankan karakteristik pembelajar artinya setiap penilaian individu berbeda dengan individu lain karena berbasis kinerja atau penguasaan diri dalam keterampilan membaca.
Kata kunci: autentik, keterampilan, membaca, metakognitif, penilaian.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v3i1.4098
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
In Collaboration With:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.