KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENULIS TEKS BERITA

Darningwati Darningwati
Yunda Lestari
Bambang Sulistyo

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran braimstorming dalam meningkatkan kemampuan menulis teks berita pada mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia FKIP Unbara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain Pra-eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang berjumlah 137 mahasiswa dan sampel berjumlah 27 orang diambil dengan menggunakan metode sample random sampling. Berdasarkan hasil analisis data, rata-rata post-test adalah 84,44  dan skor  rata-rata  pre-test adalah 64,44. Hasil uji t menyatakan bahwa thitung > ttabel (0.05:27). Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan menulis antara metode konvensional dan menggunakan  metode pembelajaran brainstorming. Maka dapat  disimpulkan bahwa ada  perbedaan skor rata-rata dari nilai pre-test  menggunakan metode pembelajaran brainstorming lebih tinggi  dari  metode konvensional. Maka, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode brainstorming lebih efektif dalam pembelajaran menulis teks berita.

 

Kata Kunci: Metode brainstorming, Keterampilan menulis, Teks berita.




DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v4i1.4127

Article Metrics

Abstract views : 43| PDF (Bahasa Indonesia) views : 42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

 In Collaboration With:

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.