IMPROVING STUDENTS’ READING COMPREHENSION SKILL USING PEER-ASSISTED LEARNING STRATEGY

Winda Widyaningrum
Mu’thia Mubasyira

Abstract


Tujuan membaca adalah memahami makna dari teks tertulis. Tujuan utama dari instruksi pemahaman membaca adalah membantu siswa mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman untuk menjadi pembaca yang baik. Ketidakmampuan dalam memahami bacaan berdampak terhadap kemampuan siswa untuk memahami arti dan makna dari sebuah bacaan. Beberapa siswa dapat membaca dengan lantang tanpa kesulitan mengucapkan kata, tetapi mereka tidak memahami arti atau makna dari apa yang telah mereka baca. Berdasarkan permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran dengan bantuan teman (Peer-Assisted Learning Strategy) terhadap kemampuan pemahaman membaca siswa. Penelitian ini dilakukan di Universitas Indraprasta PGRI Jakarta dengan jumlah populasi sebanyak 60 siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri atas tiga siklus, dan setiap siklus terdiri dari empat langkah yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan evaluasi. Dari penelitian didapatkan hasil siklus pertama, siswa mendapat nilai rata-rata 71, 5 (42%). Dalam siklus kedua, nilai rata-rata 74, 8 (72, 4%). Sementara dalam siklus ketiga, mendapat nilai rata-rata 77, 9 (90, 7%). Berdasarkan fakta di atas peneliti menyimpulkan bahwa Peer-Assisted Learning Strategy dapat meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa.




DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v3i2.4225

Article Metrics

Abstract views : 138| PDF (Bahasa Indonesia) views : 97

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

 In Collaboration With:

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.