PENGARUH PENGGUNAAN MODEL RALLY COACH TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS MAHASISWA STMIK PRANATA CILEUNGSI

Doni Anggoro Ari Santoso
Agung Prasetyo
Zumrotul Muniroh

Abstract


 

Pembelajaran yang diharapkan dari tujuan pendidikan nasional adalah pembelajaran yang aktif (active learning) yang dimaksudkan untuk menjaga perhatian mahasiswa agar tetap tertuju pada proses pembelajaran secara menyeluruh. Pembelajaran yang aktif demikian, dapat kita rancang dengan adanya penggunaan berbagai media, model, dan metode pembelajaran yang menarik, sehingga mahasiswa tidak cepat bosan, selalu fokus, dan menyenangkan tanpa kehilangan esensi belajar yang sedang berlangsung. Dalam pelajaran bahasa Inggris, banyak mahasiswa yang belum mampu membaca teks sesuai dengan struktur/pola kalimat. Selain membaca, mahasiswa harus mampu menyimak, berbicara, menulis, pragmatik dan tata bahasa (grammar) Keberhasilan proses belajar mengajar tersebut dipengaruhi oleh teknik mengajar bahasa. Salah satu media pembelajaran yang akan digunakan oleh peneliti dan dirasa lebih efektif adalah dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model Rally Coach. Penggunaan model Rally Coach ini dirasa perlu oleh peneliti karena mahasiswa di Indonesia khususnya jika ingin berbicara bahasa Inggris cenderung menggunakan transfer bahasa dari bahasa Indonesia ke bahasa Inggris. Dalam hal ini akan memungkinkan terjadi kesalahan berupa pola susunan kalimatnya. Model Rally Coach ini melibatkan mahasiswa dalam bentuk pasangan atau kelompok. Hal ini akan memudahkan mahasiswa dalam mengembangkan ketrampilannya khususnya ketrampilan berbicara bahasa Inggris.

 

Kata kunci: keterampilan berbicara, model pembelajaran, rally coach




DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v4i1.4519

Article Metrics

Abstract views : 28| PDF (Bahasa Indonesia) views : 31

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

 In Collaboration With:

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.