Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Modul Interaktif Bagi Pemelejar BIPA Tingkat A1

Dyah Ayu Utami
Laili Etika Rahmawati

Abstract


Program bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA) tengah menjadi kajian yang menarik untuk ditekuni. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya lembaga atau universitas yang menyelenggarakan BIPA. Dalam rangka memberikan pelayanan pendidikan BIPA yang berkualitas, diperlukan ketersedian bahan ajar yang melimpah. Riset ini memanfaatkan metode R & D atau penelitian dan pengembangan. Penelitian ini dirancang dengan tahap penggalian potensi dan masalah, mengumpulkan data terkait, membuat rancangan bahan ajar,  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan desain modul pembelajaran untuk pemelajar BIPA level A1 (pemula). Berdasarkan riset yang telah dilakukan, penulis menemukan bahwa: (1) pengembangan bahan ajar berbasis modul dibutuhkan oleh pembelajar mengingat buku ajar yang digunakan hanya satu, perlu tambahan lain untuk memperkaya sumber belajar dan ketidaksesuaian konten dalam buku ajar dengan karakteristik (2) pengembangan produk berupa modul interaktif bagi pemelajar BIPA bertajuk ‘’Gemar Berbahasa Indonesia A1’’ telah dilakukan dengan menyesuaikan kebutuhan dari persepsi pembelajar dan karakteristik pemelajar dewasa. Implikasi dari riset ini adalah modul yang dikembangan dapat dijadikan salah satu referensi bahan ajar pengajaran BIPA.


Keywords


BIPA, pembelajaran BIPA, bahan ajar, modul interaktif.



DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v3i2.4747

Article Metrics

Abstract views : 2603| PDF (Bahasa Indonesia) views : 2908

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

 In Collaboration With:

 

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter