PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP PENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PENDAPAT PRIBADI

Eva Maela Sofia
Irfai Fathurohman
Imaniar Purbasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengekspresikan pendapat pribadi mereka dengan menggunakan pendekatan model pembelajaran   Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan 4 pertemuan 35 siswa kelas IV SD 2 Hadipolo dari tahun akademik 2019/2020 dan penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan, pengujian, dan dokumentasi. Hasil studi keterampilan menulis pendapat pribadi menggunakan model pengajaran dan pembelajaran kontekstual menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam setiap pertemuan. Keterampilan siswa menulis pendapat pribadi pada pertemuan pertama memperoleh 58% dan pada pertemuan kedua mencetak 61% dengan persentase rata-rata 60% dan cukup berkualitas. Pada pertemuan ketiga mendapat 73% dan pertemuan keempat mendapat 82% dengan persentase rata-rata 78% kualifikasi yang baik. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan siswa kelas IV SD 2 Hadipolo, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis pendapat pribadi.


Keywords


Contextual Teaching and Learning, keterampilan menulis pendapat pribadi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v3i2.4783

Article Metrics

Abstract views : 115| PDF views : 125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

 In Collaboration With:

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.