PENGARUH METODE COPY THE MASTER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN BERBENTUKAN WAG PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 KOTA SUKABUMI

Neng Madu Ila Septeria
Deden Ahmad Supendi
David Setiadi

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui adakah pengaruh metode pembelajaran copy the master terhadap kemampuan peserta didik di sekolah SMA N 3 Kota Sukabumi, dalam menulis cerita pendek. Adapun aspek-aspek yang dinilai dari tulisan para peserta didik meliputi unsur pembangun cerita pendek. Subjek yang diambil dalam penelitian ini hanya terdiri satu kelas saja yaitu kelas XI MIPA 1. Instrument yang digunakan dalam penelitian terdiri dari tes, dokumentasi, dan juga lembar observasi. Berdasarkan pada hasil analisis data yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa, kemampuan menulis cerita pendek pada siswa kelas XI MIPA 1 di sekolah SMA Negeri 3 Kota Sukabumi tidaklah terlalu bagus, jika melihat kepada hasil pretest mereka yaitu 64,21. Setelah itu diberikan treatment berupa metode pembelajaran copy the master, dan kemudian kemampuan menulis mereka diuji kembali. Dapat terlihat adanya peningkatan nilai pada hasil posttest mereka menjadi 82,17 Namun meskipun mengalami peningkatan, nilai yang didapatkan masih belum memuaskan, selain itu setelah diuji signifikansinya. Peningkatan tersebut tidaklah signifikan. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengaruh dari metode pembelajaran itu ada namun, tidaklah terlalu banyak. Peningkatan yang paling banyak terjadi yaitu terletak pada unsur pembangun cerita pendek yakni tema, latar, dan tokoh


Keywords


Copy the master learning method, Write a short stories.



DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v4i1.5074

Article Metrics

Abstract views : 20| PDF (Bahasa Indonesia) views : 24

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

 In Collaboration With:

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.