PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PENGAJARAN MATA KULIAH MORFOLOGI INTEGRASI PENDIDIKAN BUDAYA DAN NILAI KARAKTER

Munirah Munirah
Sulfasyah Sulfasyah
Muh. Dahlan
Akram Budiman Yusuf

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media audio visual pembelajaran yang terintegrasi pendidikan budaya dan nilai karakter, pembelajaran audio visual dalam beberapa konsep pembelajaran mata kuliah morfologi yang ada di perguruan tinggi, upaya dosen untuk mengintegrasikan budaya dan karakter bangsa tersebut diperlukan landasan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki, sebab penerapan pendidikan budaya dan karakter telah dicanangkan oleh pemerintah di semua tingkat pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan media audio visual. Jenis penelitian pengembangan berdasarkan model ADDIE. Metode yang gunakan adalah deskripsi kualitatif. Pada studi awal, penelitian ini melibatkan mitra kerjasama pengajar morfologi Bahasa Indonesia, untuk mendapatkan informasi terkait kondisi pembelajaran morfologi. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui angket, wawancara dan analisis bahan ajar pembelajaran morfologi yang terintegrasi pendidikan budaya dan nilai karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan pemanfaatan media audio visual melalui tahap pengembangan ADDIE yaitu analysis, design, developmnet, implementation, and evaluation. Hasil uji validasi sangat praktis digunakan dan uji terbatas dengan respon rata hasil angket respons dosen dari segi aspek penyajian materi sebesar 88.95 %. Respon mahasiswa sebesar 93.46% dengan kriteria “sangat praktis”.

Keywords


Audio visual Budaya Nilai Karaker Morfologi Bahasa Indonesia



DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v4i1.5227

Article Metrics

Abstract views : 53| PDF (Bahasa Indonesia) views : 65

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

 In Collaboration With:

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.