PENINGKATAN PENGUASAAN GRAMMAR DALAM MENULIS KALIMAT MELALUI TEKNIK MISTAKE BUSTER
Abstract
Menulis kalimat yang berterima dengan grammar yang benar seringkali menjadi masalah bagi mahasiswa. Membekali mahasiswa dengan pengetahuan yang cukup untuk menulis termasuk pengetahuan grammar merupakan hal yang sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan grammar mahasiswa dalam menulis kalimat melalui teknik mistake buster. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat langkah yakni planning, acting, observing dan reflecting. Partisipan penelitian yang terlibat adalah satu kelas mahasiswa tingkat dua yang terdiri dari 30 orang. Observasi dan tes digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Data divalidasi dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menemukan bahwa nilai grammar siswa mengalami kenaikan yang signifikan dari siklus I ke siklus II (dari 59,81 di siklus I menjadi 76,81 di siklus II). Selain itu, teknik ini membantu meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran. Maka bisa disimpulkan bahwa teknik mistake buster ini mampu meningkatkan penguasaan grammar dalam menulis kalimat dan keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran. Sekaitan dengan penemuan tersebut, maka teknik ini direkomendasikan untuk digunakan sebagai teknik alternatif dalam penyampaian materi grammar kepada mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v5i1.5318
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
In Collaboration With:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.