PENGEMBANGAN BUKU TEKS SASTRA INDONESIA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PATI UNTUK SMP/MTS

Mujiwanto Mujiwanto
Murtono Murtono
Irfai Fathurohman

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah memaparkan hasil uji/penelitian Pengembangan Buku Teks Sastra Indonesia untuk SMP/MTs Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah berdasarkan penilaian guru dan dosen ahli.

Hasil penelitian diperoleh bahwa berdasarkan hasil penilaian uji coba yang dilakukan oleh guru, dapat dilihat bahwa buku teks Sastra Berbasis Kearifan Lokal sangat diharapkan keberadaannya. Guru berharap buku tersebut dapat segera digunakan. Guru merasa terbantu dengan adanya buku teks Sastra Berbasis Kearifan Lokal sebagai referensi penunjang dalam pembelajaran. Mengenai isi, guru menyampaikan bahwa materi di dalam buku teks dianggap telah memenuhi seluruh materi yang diajarkan di SMP/MTs. Sedangkan kesahihan materi di dalam buku teks dianggap sudah memenuhi legalitas. Kajian terakhir yakni mengenai kemampuan buku teks Sastra Berbasis Kearifan Lokal untuk dipahami, pada kajian ini guru menilai buku teks Sastra Berbasis Kearifan Lokal baik untuk dipahami.

 


Keywords


buku teks, sastra, pembelajaran



DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v4i2.5520

Article Metrics

Abstract views : 143| PDF (Bahasa Indonesia) views : 107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

 In Collaboration With:

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.