PENGEMBANGAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PATI UNTUK SMP/MTs
Abstract
Abstrak
Pengembangan buku teks bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal masih belum banyak dilakukan oleh peneliti. Hal tersebut menjadi alasan peneliti untuk mengembangkan buku teks bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal, khususnya daerah Pati. Berdasarkan permasalahan yang ada, penelitian ini bermaksud (1) untuk mengidentifikasi kebutuhan guru terhadap materi bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal Pati SMP/MTs; (2) untuk menguji validasi prototipe buku teks bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal Pati SMP/MTs berdasarkan penilaian guru dan dosen; (3) untuk menjelaskan efektivitas buku pengembangan teks bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal Pati SMP/MTs. Metode dalam penelitian ini adalah metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) Borg and Gall yang direduksi menjadi tujuh tahapan, yaitu (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk. Hasil dalam pengembangan buku teks bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal Pati yang telah dikembangkan (1) pengembangan dinyatakan layak digunakan sebagai buku untuk pembelajaran bahasa Indonesia. Hasil tersebut membuat buku yang dikembangkan mendapat respon yang baik dari guru. Peneliti berharap agar penelitian pengembangan ini dapat dimanfaatkan dengan baik sesuai kebutuhan. (2) Pengembangan buku teks bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal, guru dapat memanfaatkan teks nonsastra yang ada dalam buku teks bahasa sebagai pendamping buku utama dari pemerintah. (3) Dengan adanya pengembangan buku teks bahasa indonesia berbasis kearifan lokal Pati, guru bisa menanamkan pendidikan karakter melalui contoh teks-teks yang ada dalam buku.Keywords
Pengembangan Buku Teks Bahasa, Kearifan Lokal Pati, SMP/MTs
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v4i2.5595
Article Metrics
Abstract views : 768|
PDF (Bahasa Indonesia) views : 584
Refbacks
- There are currently no refbacks.
In Collaboration With:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.