PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PESERTA DIDIK DI BANYUASIN

Susilawati Susilawati
Dessy Wardiah
Arif Ardiansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan  hasil pembelajaran bahasa Indonesia dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui  pendekatan kontekstual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Tahapan-tahapan yang dilakukan meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan repleksi. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 1 Banyuasin III yang berjumlah 30 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data adalah tes, observasi, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data yakni teknik analisis data observasi dan analisis data tes. Analisis data berupa siklus I dan siklus II membuktikan bahwa kemampuan menulis puisi melalui pendekatan kontekstual pada peserta didik SMP Negeri 1 Banyuasin III mengalami peningkatan dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata menulis puisi pada prasiklus sebesar 62,5; siklus I sebesar 70; dan siklus II sebesar 83,7. Peningkatan nilai rata-rata pada siklus II telah memenuhi nilai ketuntasan belajar peserta didik.

Keywords


Kemampuan Menulis Puisi, Pendekatan Kontekstual.



DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v5i1.5725

Article Metrics

Abstract views : 222| PDF (Bahasa Indonesia) views : 358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

 In Collaboration With:

 

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter