PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK MELALUI PENERAPAN METODE PARTISIPATORIS SISWA VII F SMPN 3 MAKASSAR

Sitti Aida Azis
Aziz Thaba - [ https://orcid.org/0000-0002-3340-2925 ]

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa VII F SMPN 3 Makassar yang berjumlah 24 orang yang dipilih secara acak (random). Objek penelitiannya adalah kemampuan menulis cerpen dengan menerapkan metode parsipatoris Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerita pendek. Langkah-langkah penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan teknik non-tes. Hasil penelitian membuktikan bahwa keterampilan menulis teks berita siswa VII F SMPN 3  Makassar akan meningkat jika dalam pembelajarannya menggunakan pendekatan partisipatoris. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil rata-rata, nilai tengah, nilai yang sering muncul, serta nilai maksimal pada tes pra tindakan, siklus I, siklus II, membuktikan adanya peningkatan.


Keywords


Kemampuan, Menulis Cerpen, Parsipatoris



DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v4i2.5819

Article Metrics

Abstract views : 212| PDF (Bahasa Indonesia) views : 137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

 In Collaboration With:

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.