EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA

Siti Suwadah Rimang
Syafruddin Syafruddin
Sitti Aida Azis
Rosmini Madeamin

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran berbasis proyek terhadap peningkatan kemampuan menulis teks eksposisi siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Muhammadiyah 3 Makassar tahun ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XIKPW SMK Muhammadiyah 3 Makassar yang terdiri dari  14  siswa dengan 14 siswa perempuan  dan 0 siswa laki-laki. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan dua instrumen, yaitu angket kompetensi afektif dan tes hasil belajar (kognitif) bahasa Indonesia. Hasil analisis statistika menunjukkan bahwa hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas XIKPW SMK Muhammadiyah 3 Makassar dikategorikan sedang dengan skor rata-rata 81 dengan standar deviasi 2,68 dari skor ideal 100. Dari hasil analisis di atas maka dapat disimpulkan terdapat keefektifan antara pembelajaran berbasis proyek dalam menulis teks eksposisi siswa terhadap hasil belajar bahasa Indonesia kelas XI KPW SMK Muhammadiyah 3 Makassar.


Keywords


Eksposisi, dan pembelajaran berbasis proyek



DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v4i2.5820

Article Metrics

Abstract views : 164| PDF (Bahasa Indonesia) views : 160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

 In Collaboration With:

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.