EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran berbasis proyek terhadap peningkatan kemampuan menulis teks eksposisi siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Muhammadiyah 3 Makassar tahun ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XIKPW SMK Muhammadiyah 3 Makassar yang terdiri dari 14 siswa dengan 14 siswa perempuan dan 0 siswa laki-laki. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan dua instrumen, yaitu angket kompetensi afektif dan tes hasil belajar (kognitif) bahasa Indonesia. Hasil analisis statistika menunjukkan bahwa hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas XIKPW SMK Muhammadiyah 3 Makassar dikategorikan sedang dengan skor rata-rata 81 dengan standar deviasi 2,68 dari skor ideal 100. Dari hasil analisis di atas maka dapat disimpulkan terdapat keefektifan antara pembelajaran berbasis proyek dalam menulis teks eksposisi siswa terhadap hasil belajar bahasa Indonesia kelas XI KPW SMK Muhammadiyah 3 Makassar.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v4i2.5820
Article Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
In Collaboration With:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.