BENTUK KESANTUNAN TUTURAN PENDIDIK DENGAN PESERTA DIDIK DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN

Muzayyanatun Nisa'
Mila Roysa
Mohammad Kanzunnudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesantunan tuturan pendidik dalam pembelajaran, baik di kelas maupun di luar kelas pada TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal XIV Pasuruhan Lor Kudus. Kesantunan berbahasa masih minim diperhatikan.  Hal ini menjadikan peran pendidik sangat penting dalam meningkatkan  kesantunan berbahasa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesantunan dalam interaksi pembelajaran antara pendidik dengan peserta didik. Subjek penelitian ini yakni seorang pendidik. Selanjutnya, objek penelitian ini yakni semua dialog yang berupa kata, frasa, dan atau kalimat yang dituturkan oleh pendidik pada saat pembelajaran baik itu pelanggaran atau pematuhan maksim-maksim kesantunan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis  dan disimpulkan. Pemeriksaan/pengecekan keabsahan data menggunakan validitas pragmatis. Validitas pragmatis bertujuan untuk mengukur seberapa baik metode yang digunakan dalam berbagai keadaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kesantunan berbahasa pendidik terhadap peserta didik menggunakan kosakata yang sederhana, mudah dipahami serta tidak bernada tinggi. Pengaplikasian kesantunan berbahasa menjadikan peserta didik lebih sopan dan menghargai orang lain. Oleh karena itu kesantunan tuturan pendidik dalam pembelajaran anak usia dini perlu mendapatkan perhatian secara optimal.

Keywords


Kesantunan, Tuturan pendidik, Peserta didik



DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v4i2.5850

Article Metrics

Abstract views : 201| PDF (Bahasa Indonesia) views : 145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

 In Collaboration With:

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.