BENTUK KESANTUNAN TUTURAN PENDIDIK DENGAN PESERTA DIDIK DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesantunan tuturan pendidik dalam pembelajaran, baik di kelas maupun di luar kelas pada TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal XIV Pasuruhan Lor Kudus. Kesantunan berbahasa masih minim diperhatikan. Hal ini menjadikan peran pendidik sangat penting dalam meningkatkan kesantunan berbahasa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesantunan dalam interaksi pembelajaran antara pendidik dengan peserta didik. Subjek penelitian ini yakni seorang pendidik. Selanjutnya, objek penelitian ini yakni semua dialog yang berupa kata, frasa, dan atau kalimat yang dituturkan oleh pendidik pada saat pembelajaran baik itu pelanggaran atau pematuhan maksim-maksim kesantunan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dan disimpulkan. Pemeriksaan/pengecekan keabsahan data menggunakan validitas pragmatis. Validitas pragmatis bertujuan untuk mengukur seberapa baik metode yang digunakan dalam berbagai keadaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kesantunan berbahasa pendidik terhadap peserta didik menggunakan kosakata yang sederhana, mudah dipahami serta tidak bernada tinggi. Pengaplikasian kesantunan berbahasa menjadikan peserta didik lebih sopan dan menghargai orang lain. Oleh karena itu kesantunan tuturan pendidik dalam pembelajaran anak usia dini perlu mendapatkan perhatian secara optimal.
Keywords
Kesantunan, Tuturan pendidik, Peserta didik
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v4i2.5850
Article Metrics
Abstract views : 575|
PDF (Bahasa Indonesia) views : 590
Refbacks
- There are currently no refbacks.
In Collaboration With:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.