TEKNIK WARMING UP FOR READING: STRATEGI BELAJAR UNTUK MELEJITKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK

Rukayah Rukayah
Abdul Hafid - [ https://orcid.org/0000-0002-3340-2925 ]
Aziz Thaba

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang  bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman melalui teknik Warming Up for Reading pada siswa kelas VII.B SMP Muhammadiyah 5 Makassar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 5 Makassar tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 34 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan termasuk pada setiap akhir siklus. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan tes akhir belajar pada setiap akhir siklus, observasi yang dilakukan pada saat proses pembelajaran berlangsung dan melalui data angket respons siswa yang diberikan pada setiap akhir siklus. Data yang terkumpul terdiri atas data kuantitatif dan kualitatif yang dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I yang tuntas secara individual dari 34 siswa hanya 13 orang atau 38.23%. Sedangkan 21 siswa yang belum tuntas atau 61, 76%, Secara klasikal belum terpenuhi karena nilai rata-rata kelas diperoleh sebesar 66,87%. Pada siklus II, dari 34 siswa terdapat 26 siswa atau 76,47% yang tuntas dan 8 siswa yang belum mencapi ketuntasan atau 23,52% secara klasikal sudah terpenuhi yaitu nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 80,88% atau berada dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VII B SMP Muhammadiyah 5 Makassar melalui Teknik Warming Up for Reading mengalami peningkatan


Keywords


Keterampilam Membaca Pemahaman, Warming Up for Reading



DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v4i2.5938

Article Metrics

Abstract views : 80| PDF (Bahasa Indonesia) views : 84

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

 In Collaboration With:

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.