TELAAH TINDAK TUTUR ILOKUSI GURU DALAM INTERAKSI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Akram Budiman Yusuf
Abdul Karim Mahmut
Sri Devi S.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bentuk ilokusi pendidik yang terdapat saat proses pengajaran bahasa Indonesia di SMPN 1 Makassar, dan (2) memaparkan manfaat ilokusi pendidik saat pengajaran bahasa Indonesia di SMPN 1 Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan rancangan deskriptif. Bentuk data yang ditelaah dalam penelitian ini adalah ilokusi wicara pendidik dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Makassar. Data penelitian yang digunakan berupa instrumen manusia, peneliti sendiri dengan alat pedoman pengumpulan data. Analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan / verifikasi. Berdasarkan temuan penelitian yang telah dilakukan ditemukan dalam bentuk bentuk dan fungsi. Pertama, bentuk ilokusi dalam pembelajaran guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Makassar ada tiga; (1) kalimat imperatif, yang terdiri dari (a) permintaan kalimat imperatif, (b) perizinan kalimat imperatif, (c) kalimat imperatif ajakan, (d) kalimat imperatif errands, dan (e) larangan kalimat imperatif , (2) kalimat interogatif, yang terdiri dari (a) total kalimat interogatif, dan (b) kalimat interogatif parsial, (3) kalimat deklaratif yang terdiri dari (a) kalimat deklaratif aktif, dan (b) kalimat deklaratif pasif. Kedua, fungsi ilokusi guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Makassar ada tiga; (1) fungsi tegas, terdiri dari (a) menyatakan, (b) mengusulkan, (c) membual, (d) mengeluh, (e) melaporkan, (f) menyetujui, dan (g) memprotes, (2) arahan fungsi, yang terdiri dari (a) permintaan, (b) larangan, (c) perizinan, (d) pertanyaan berikut, (e) mengikuti perintah dan (f) tindakan nasihat, dan (3) fungsi ekspresif yang terdiri dari ( a) salam, (b) terima kasih, (d) permintaan maaf, dan (e) pujian. Berdasarkan hasil tersebut, maka disarankan kepada (1) guru bahasa dan sastra Indonesia, dapat dijadikan rujukan dalam pembelajaran keterampilan berbahasa khususnya keterampilan berbicara (2) pemerhati pendidikan bahasa Indonesia, dapat dijadikan masukan untuk pembelajaran bahasa di sekolah dan perguruan tinggi, (3) peneliti, disarankan untuk melakukan studi tentang bentuk dan fungsi, pada berbagai bahasa dan konteks yang berbeda. Saran yang dikemukakan berkaitan dengan bentuk dan fungsinya yang disesuaikan dengan situasi tertentu


Keywords


Ilokusi, Pembelajaran bahasa Indonesia



DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v4i2.5939

Article Metrics

Abstract views : 129| PDF (Bahasa Indonesia) views : 134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

 In Collaboration With:

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.