TINDAK TUTUR ILOKUSI PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SMPN 1 PUJON

Tutut Ayu Dwijayanti
Gigit Mujianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk tindak tutur ilokusi peserta didik SMPN 1 Pujon, (2) strategi tindak tutur ilokusi peserta didik SMPN 1 Pujon, dan (3) implikatur dari tindak tutur peserta didik SMPN 1 Pujon dalam pembelajaran bahasa indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikolinguistik, adapun jenis penelitian ini adalah kualitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik SMPN 1 Pujon. Data dalam penelitian ini berupa tuturan peserta didik SMPN 1 Pujon. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, perekaman, catatan lapangan, dan wawancara. Setelah data terkumpul dilakukan proses klasifikasi data kemudian dilakukan analisis. Proses analisis dilakukan secara bersamaan, seluruh korpus dikelompokkan menurut persamaan bentuk, strategi, dan Implikatur. Dengan demikian, hasil penelitian diketahui (1) terdapat empat bentuk tindak tutur ilokusi peserta didik SMPN 1 Pujon, di antaranya representatif, ekspresif, direktif dan deklarasi. (2) peserta didik SMPN 1 Pujon menggunakan dua strategi tindak tutur ilokusi, yaitu tindak tutur langsung dan tindak tutur tidak langsung. (3) tindak tutur peserta didik SMPN 1 Pujon dalam pembelajaran bahasa indonesia berimplikatur konvensional.


Keywords


Kata Kunci: Psikolinguistik, Tindak Tutur Ilokusi, Implikatur.



DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v5i1.6208

Article Metrics

Abstract views : 677| PDF (Bahasa Indonesia) views : 703

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

 In Collaboration With:

 

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter