TINDAK TUTUR ILOKUSI PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SMPN 1 PUJON
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk tindak tutur ilokusi peserta didik SMPN 1 Pujon, (2) strategi tindak tutur ilokusi peserta didik SMPN 1 Pujon, dan (3) implikatur dari tindak tutur peserta didik SMPN 1 Pujon dalam pembelajaran bahasa indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikolinguistik, adapun jenis penelitian ini adalah kualitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik SMPN 1 Pujon. Data dalam penelitian ini berupa tuturan peserta didik SMPN 1 Pujon. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, perekaman, catatan lapangan, dan wawancara. Setelah data terkumpul dilakukan proses klasifikasi data kemudian dilakukan analisis. Proses analisis dilakukan secara bersamaan, seluruh korpus dikelompokkan menurut persamaan bentuk, strategi, dan Implikatur. Dengan demikian, hasil penelitian diketahui (1) terdapat empat bentuk tindak tutur ilokusi peserta didik SMPN 1 Pujon, di antaranya representatif, ekspresif, direktif dan deklarasi. (2) peserta didik SMPN 1 Pujon menggunakan dua strategi tindak tutur ilokusi, yaitu tindak tutur langsung dan tindak tutur tidak langsung. (3) tindak tutur peserta didik SMPN 1 Pujon dalam pembelajaran bahasa indonesia berimplikatur konvensional.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v5i1.6208
Article Metrics
Refbacks
- There are currently no refbacks.
In Collaboration With:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.