REPRESENTASI PEMAHAMAN SINTAKSIS MAHASISWA SAAT BELAJAR DARING


Abstract


Tujuan penelitian ini dilakukan untuk dapat menjelaskan hasil pemahaman mahasiswa Universitas Asahan pada mata kuliah sintaksis selama tujuh pertemuan dengan pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan google formulir dengan link https://forms.gle/qAwPr3NfSidbbN8ZA. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester IV yang berjumlah 74 mahasiswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal pilihan berganda sebanyak 7 pertanyaan  dengan durasi pengerjaan selama 3 menit. Berdasarkan hasil analisis ditemukan data mahasiswa yang menjawab benar pada soal  pertama sebanyak 51 (68,8%). Soal kedua sebanyak 52 (70,3%). Soal ketiga sebanyak 26 (53,1%). Soal keempat sebanyak 72 (93,7%). Soal kelima sebanyak 36 (48,6%). Soal keenam sebanyak 22 (22,9%). Soal ketujuh sebanyak 62 (83,8%). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pemahaman dasar mahasiswa pada materi sintaksis masih sangat rendah dengan menggunakan pembelajaran daring terutama pada materi kalimat pasif dan dalam mengkategorikan jenis kalimat.


Keywords


Pemahaman, sintaksis, daring

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v5i2.6680

Article Metrics

Abstract views : 423| PDF views : 1497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

 In Collaboration With:

 

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter