MOTIVASI DALAM PEMBELAJARAN DARING MATERI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DI SMAN 2 KUDUS

Nurul Lailatul Aini
Irfai Fathurohman
Ristiyani Ristiyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui motivasi siswa dalam pembelajaran jarak jauh teks laporan hasil observasi kelas X di SMAN 2 Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA 1, X MIPA 2, dan X MIPA 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa dalam pembelajaran jarak jauh teks laporan hasil obervasi kepada 100 siswa dengan jumlah 54 item soal menggunakan kuesioner.  Bahwa hasil terdiri dari lima kategori motivasi dalam belajar, yaitu skor 1 untuk sangat rendah (SR), skor 2 untuk rendah (R), skor 3 untuk sedang (S), skor 4 untuk tinggi (T), dan skor 5 untuk sangat tinggi (ST). Sebanyak 1 siswa memilih pada kategori 1 yaitu sangat rendah. Kemudian sebanyak 2 siswa memilih pada kategori 2 yaitu rendah. Sebanyak 60 siswa memilih pada kategori 3 yaitu sedang. Selanjutnya sebanyak 17 siswa memilih pada kategori 4 yaitu tinggi. Sebanyak 20 siswa memilih pada ketegori 5 yaitu sangat tinggi. Berdasarkan data di atas, maka kategori yang dipilih terbanyak pada kategori 3 atau terdapat di rata-rata sedang yaitu sebanyak 60 siswa dari total 100 siswa.



DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v5i2.7589

Article Metrics

Abstract views : 747| PDF (Bahasa Indonesia) views : 708

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

 In Collaboration With:

 

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter