PENGGUNAAN KATA NEGO DALAM FORUM FACEBOOK JUAL BELI ONLINE: TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK

Joko Santosa
Rani Setiawaty
Agus Budi Wahyudi Budi Wahyudi
Atiqa Sabardila
Eko Purnomo
Anggara Tiyo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunan (1) bentuk dan referensi kata nego; dan (2) fungsi penggunaan kata nego dalam forum facebook jual beli online.  Data yang dideskripsikan dalam penelitian ini adalah pada penggunaan kata nego dalam forum facebook jual beli online. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Adapun, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi dengan model Milles Huberman, yakni dimulai dari pengumpulan data, reduksi data atau pengklasifikasian, analisis, hingga penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil temuan dan pembahasan, disimpulkan pertama penggunaan kata nego meliputi nego bensin, nego pertamax, nego sak dadine, nego sampe jadi, nego sampe deal, nego tipis, nego wajar, nego kalem, nego alus, nego ngawur, nego ukur-ukur, nego loos, nego lhas-lhes, nego kedik, dan nego sitik. Beberapa kata nego tersebut mempunyai rujukan harga benda, tujuan akhir, sifat benda, proses atau aktivitas tawar menawar, dan jumlah harga. Kedua, penggunaan kata nego oleh penutur/penjual berfungsi untuk (1) menekankan pada calon pembeli terkait harga yang akan ditawar; (2) memaksimalkan keuntungan bagi calon pembeli, (3) memaksimalkan keuntungan bagi kedua belah pihak sehingga salah satu pihak tidak mengalami kerugian.

Keywords


nego, bentuk, fungsi, forum facebook jual beli



DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v6i1.7853

Article Metrics

Abstract views : 120| PDF (Bahasa Indonesia) views : 102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

 In Collaboration With:

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.