The Effectiveness Analysis of Bahasa Mandarin Online Learning

Mellinda Mellinda
Septerianie Sutandi - [ https://orcid.org/0000-0003-0758-2448 ]

Abstract


Bahasa Mandarin termasuk dalam bahasa asing yang sulit dipelajari, namun Bahasa Mandarin telah menjadi bahasa terpopuler kedua setelah Bahasa Inggris, sehingga jumlah peminat pemelajar Bahasa Mandarin kini kian meningkat. Dapat berkomunikasi dengan Bahasa Mandarin dapat memudahkan seseorang dalam mendapatkan pekerjaan yang berkualitas, termasuk profesi sekretaris. Menjadi seorang sekretaris dituntut harus berwawasan luas dan memiliki kemampuan berbahasa asing agar dapat membantu atasan dalam menyampaikan pesan dengan tepat. Berdasarkan perkembangan kebutuhan tersebut, sebuah akademi sekretari di Jawa Barat membekali mahasiswanya dengan keterampilan berbahasa Mandarin, yang pada semester ganjil 2021/2022 dijalankan secara daring akibat pandemi Covid-19. Penelitian ini menganalisis efektivitas pembelajaran daring Bahasa Mandarin akademi sekretari tersebut selama satu semester, serta menganalisis strategi pembelajaran yang dilakukan tim pengajar melalui fitur breakout room pada platform Zoom. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, berdasarkan landasan teori menganalisis data yang didapatkan melalui observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran daring mata kuliah Bahasa Mandarin di akademi sekretari tersebut sudah efektif, tingkat kepuasan mahasiswa cukup tinggi, tingkat penguasaan mahasiswa cukup baik. Optimalisasi kombinasi pembelajaran sinkronus dan pembelajaran asinkronus dapat diterapkan demi meningkatkan efektivitas pembelajaran di semester mendatang.

 

Mandarin is a difficult language to learn. Although, Mandarin has been the second most popular language after English, there is an increase of demand to learn Mandarin. Being able to communicate in Mandarin, will ease in securing a quality job, including secretarial profession. To be a secretary requires to have a large amount of knowledge and being able to speak multiple foreign languages to be able to deliver the right context. Based on these needs, a secretatial academy in West Java prepared its students with Mandarin language skills. However, due to pandemic Covid-19, lessons in odd semester of 2021/2022 were taught online. This research was conducted to analyse the effectiveness of online learning. The method of teaching was to divide the students into small groups using breakout room feature on Zoom platform. This research method used a descriptive qualitative approach, based on the theoretical basis of analysing the data obtained through observation, interviews, and questionnaires. The result shows that online learning for Mandarin courses at secretarial academy was effective. The students was satisfied and shows progress. To optimise the learning process, next semester will impliment a combination of synchronous and asynchronous learning to improve the learning effectiveness


Keywords


efektivitas; pembelajaran daring; sekretaris; Bahasa Mandarin



DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v7i1.8091

Article Metrics

Abstract views : 109| PDF (Bahasa Indonesia) views : 72

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

 In Collaboration With:

 

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter