PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI MEDIA TEKS LAGU DENGAN METODE LATIHAN TERBIMBING

Marti Marganingsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan media yang tepat sebagai sarana peningkatan keterampilan menulis cerpen para siswa SMAN 2 Maja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yaitu menggabungkan suatu tindakan sesungguhnya dengan langkah-langkah penelitian di kelas. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini tes dan nontes. Tes digunakan peneliti untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam menulis cerpen, sedangkan bentuk nontes dalam penelitian ini berupa lembar observasi, lembar wawancara, dan lembar jurnal peserta didik yang digunakan untuk mengungkapkan perubahan tingkah laku siswa. Upaya peningkatan keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI IPA SMAN 2 Maja berdasar teks lagu dengan metode latihan terbimbing menunjukkan hasil baik. Hasil ini dapat dilihat dari pengamatan penulis terhadap siswa pada tahap I dan tahap II. Pada tahap I tergambar jelas hasil pengamatan unsur-unsur intrinsik siswa dalam menulis cerpen berdasar teks lagu. Sedangkan pada tahap II tergambar jelas hasil pengamatan sikap siswa dalam menulis cerpen berdasar teks lagu.




DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v6i1.8256

Article Metrics

Abstract views : 189| PDF (Bahasa Indonesia) views : 147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

 In Collaboration With:

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.